7 Cara Mudah untuk Berhenti Nyemil Makanan yang Tidak Sehat

Jakarta, GPriority.co.id – Bagi sebagian orang, nyemil adalah salah satu kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Salah satu cemilan yang paling digemari adalah cemilan dengan rasa manis, yang tentu saja mengandung banyak gula.

Gula dapat mengakibatkan berat badan dengan mudah untuk naik dalam waktu cepat. Lalu, bagaimana cara untuk berhentinya?

Berikut ini 7 cara untuk berhenti nyemil dari makanan yang tidak sehat, seperti gula.

  1. Tetap terhidrasi
    Seringkali, rasa haus seringkali dianggap sebagai rasa lapar. Minumlah air sepanjang hari agar tetap terhidrasi dan mengurangi kemungkinan salah mengira bahwa rasa haus yang anda rasakan adalah sebagai rasa lapar. Apalagi jika terjadi di malam hari, akhirnya anda dapat mengalihkan ke aktivitas nyemil yang berlebihan.
  2. Buat planning makan dengan porsi yang tidak berlebihan, tetapi juga tidak kekurangan
    Yang tak kalah penting adalah mengatur posi makan anda. Makan sesuai porsi dan jam. Jangan sampai terlambat makan ataupun terlalu cepat makan. Anda bisa juga menerapkan pola makan intermitten fasting.
  3. Jika masih suka nyemil, pilihlah cemilan yang lebih sehat
    Sediakan cemilan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan yoghurt. Percayalah, ketika anda memilih untuk memakan makanan yang lebih sehat, kecil kemungkinan anda untuk kembali memakan makanan yang tidak sehat.
  4. Makan secara perlahan
    Cobalah untuk makan secara perlahan, nikmati setiap gigitan, dan dengarkanlah sinyal otak atau perut anda ketika sudah merasakan kenyang. Jika anda makan secara perlahan, maka anda juga akan mudah untuk kenyang.
  5. Kelola rasa stres anda
    Rasa stres dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat. Temukan cara untuk mengelola rasa stres seperti melakukan meditasi, latihan pernapasan, atau melakukan aktivitas yang anda sukai, sambil menghalau keinginan untuk nyemil.
  6. Tidur yang cukup
    Kurang tidur ternyata dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan, sehingga menyebabkan meningkatnya keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau nyemil di malam hari. Tidur berkualitas dilakukan 7-9 jam setiap harinya. Tidur yang cukup dapat berfungsi untuk mengatur dan mengurangi nafsu makan.
  7. Tetap aktif
    Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mengurangi nafsu makan dengan melepaskan hormon endorphin, yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Temukan aktivitas olahraga yang anda sukai atau aktivitas fisik yang anda sukai, dan masukkan ke dalam daftar rutin harian anda.

Foto : Freepik / graphixchon