8 Ikan Tawar yang Dibudidayakan di Indonesia


Budidaya ikan di tengah pandemi makin diminati. Selain untuk mengurangi stres akibat Work From Home, budidaya ikan juga bisa menghasilkan uang tambahan.

Lantas ikan apa saja sih yang menjadi pilihan peternak untuk dibudidayakan. Menurut peternak ikan asal Cisauk, Abdullah yang ditemui pada Sabtu (11/9/2021) ada 8 jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan

1.Ikan Lele
Seperti yang kita ketahui, ikan lele adalah jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Di kota-kota besar, konsumsi ikan lele terus mengalami peningkatan hingga permintaan pasar juga terus meningkat. Di warung-warung pinggir jalan hingga restoran besar, menu ikan lele sering ditemukan dengan berbagai olahan yang lezat. Berbekal alasan itulah lele menjadi salah satu favorit untuk dibudidayakan.

2.Ikan Nila
Ikan nila atau Oreochromis niloticus sangatlah gampang untuk dibudidayakan, Nila powerful terhadap gangguan penyakit yang biasa dirasakan ikan lainnya. Dari sepasang indukan nila bisa menghasilkan 250–1000 butir telur, jumlah yang paling banyak.

Inilah yang menjadikan ikan nila sebagai salah bisnis ternak ikan air tawar yang menguntungkan.

3. Gurame
Selain permintaan ikan gurame tinggi, budidaya ikan gurame juga tidaklah sesulit apa yang Anda pikirkan. Budidaya gurame ini cukup simpel dan mudah, sehingga bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

4.Ikan Mas
Ikan mas menjadi pilihan selanjutnya dikarenakan cocok untuk diternakkan di iklim tropis seperti Indonesia. Tak hanya itu jangka waktu panennya yang terbilang cepat yakni 4 hingga 6 bulan menjadi alasan lainnya kenapa peternak memilih membudidayakannya

5.Patin
Saat ini ikan patin tengah diminati oleh negara tetangga. Tak ayal ini membuat peternak lebih memilih membudidayakan patin dikarenakan harga per kg nya lebih mahal dibandingkan ikan jenis lainnya. Abdullah mengatakan harga per-kg nya bisa mencapai Rp.40 ribu.

6.Ikan Kakap
Memiliki potensi pasar yang bagus membuat ikan kakap menjadi favorit untuk dibudidayakan. Abdullah mengatakan harga ikan kakap per-kg nya bisa mencapai Rp.150 ribu.

7.Ikan Koi
Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang paling banyak dibudidayakan. Harganya yang bisa mencapai Rp.150 ribu per ekor membuat peternak memilih membudidayakannya.

8.Ikan Arwana
Sama seperti koi, Arwana menjadi salah satu ikan hias yang dibudidayakan. Harganya yang bisa mencapai puluhan juta rupiah membuat peternak menjadikannya budidaya baru di tengah pandemi.

Itulah beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts