Akhirnya! UNESCO Resmi Tetapkan Idulfitri dan Iduladha sebagai Hari Besar Keagamaan

Jakarta, GPriority.co.id – Dewan Eksekutif United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) akhirnya resmi menetapkan Hari Raya Idulfitri dan Iduladha sebagai hari besar keagamaan.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), penetapan ini bahkan juga didukung oleh 30 negara co-sponsor. Sebelumnya, proposal pengajuan Idulfitri dan Iduladha sebagai hari besar keagamaan, telah diputuskan dalam Pertemuan Dewan Eksekutif ke-219 di Markas Besar UNESCO di Paris, pada tanggal 13-27 Maret lalu.

Sebagai salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, pengakuan UNESCO atas Idulfitri dan Iduladha, dinilai memiliki peran penting bagi Indonesia. Terutama di kancah internasional.

“Penetapan ini akan memperkuat profil Indonesia di panggung internasional, menegaskan nilai-nilai penting yang dijunjung tinggi oleh Indonesia. Seperti keberagaman, solidaritas, persatuan, dan kebersamaan,” dikutip dalam keterangan pada laman resmi Kemenlu RI.

Lebih lanjut, dengan penetapan Idulfitri dan Iduladha sebagai hari besar keagamaan, UNESCO juga memastikan akan mengubah jadwal dan agenda, serta menjamin tidak adanya kegiatan atau pertemuan resmi pada tanggal yang sama saat Idulfitri dan Iduladha berlangsung.

“Melalui proposal ini, Indonesia meminta Unesco untuk mengambil langkah positif, dalam mendorong nilai inklusivitas terhadap keragaman budaya dan keagamaan. Terutama, dalam penghormatan terhadap hari raya yang penting bagi seluruh umat muslim di dunia,” lebih lanjut pada keterangan tersebut.

Untuk memerangi islamofobia, penetapan dari UNESCO ini sangat penting untuk mempromosikan toleransi dan dialog antaragama, dan berpotensi besar untuk menciptakan perdamaian.

Foto : Eraspace