Anugerah API Memiliki Arti Bagi Pemerintah Daerah

Jakarta,Gpriority-Persaingan antara para nominasi untuk menjadi yang terbaik di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2019 (API 2019) semakin terasa. Banyak terjadi kejutan pada setiap kategori . Hal ini tentu saja menimbulkan perubahan posisi urutan masing-masing nominasi.

Persaingan yang begitu ketat antar daerah tentu saja menunjukan bahwa setiap daerah yang memiliki nominasi di API 2019 sudah mulai menjalankan strategi masing-masing dalam upaya pemenangan nominasi dari daerah nya.

Bila melihat antusiasme dari para nominator, sebetulnya apa manfaat yang diterima Pemerintah Daerah dari ajang Anugerah Pesona Indonesia (API)? Mengutip apa yang pernah disampaikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, mendapatkan suatu penghargaan dalam ajang seperti API akan sangat bermanfaat untuk pengembangan pariwisata. Penghargaan tersebut merupakan acuan kalibrasi bahwa program kerja yang dilakukan sudah on the right track. Kemudian dengan mendapatkan penghargaan tersebut juga menunjukan kredibiltas dari penerima penghargaan. Dan terakhir, penghargaan itu sendiri akan memberikan kepercayaan diri bagi penerima penghargaan. Disamping itu, penghargaan itu sendiri merupakan predikat pengakuan seberapa baik atau bisa dikatakan sebagai standar kualitas yang telah dicapai penerima penghargaan.

Dari sudut pandang penyelenggaraan pemerintahan, menjadi pemenang pada ajang API juga bisa menjadi ukuran seberapa baik kinerja Pemerintah Daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang dimilikinya. Dan yang terpenting, menerima penghargaan di ajang API bisa menjadi gambaran seberapa besar kepercayaan dan dukungan masyarakat yang diberikan kepada jajaran pemerintahan daerah.

Pada kesempatan ini pula disampaikan bahwa sebagai rangkaian kegiatan API 2019, Panitya Penyelenggara juga menyelenggarakan kegiatan API Travel Mart 2019 (sebagai ajang pertemuan B2B antara para pelaku pariwisata) dan API Travel Expo 2019 (sebagai kegiatan yang memberi kesempatan kepada Pemerintah Daerah dan juga para pelaku pariwisata dalam mempromosikan produk wisata-nya langsung kepada masyarakat). Akhir kata, Panitya Penyelenggara mengucapkan selamat berkompetisi kepada seluruh daerah yang menjadi nominasi dan promosikan terus potensi pariwisata daerah untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan ini.(Hs)

Related posts