Apresiasi Erick Thohir untuk Timnas Indonesia U-23, Erick: Ini Generasi Emas!

Jakarta, GPriority.co.id – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi perjalanan dan pencapaian luar biasa yang diraih oleh timnas U-23 Indonesia selama kompetisi Piala Asia U-23 2024 dan babak play-off Olimpiade 2024 Paris melawan Guinea U-23.

Erick menyatakan bahwa meskipun tim belum berhasil melangkah ke Olimpiade, namun pencapaian mereka menandai sebuah babak baru dalam sejarah sepak bola Indonesia.

“Kita memang belum berhasil menginjak Olimpiade kali ini. Namun perjalanan panjang dan pencapaian yang ditorehkan para pemain, pelatih, dan ofisial timnas sejak Piala Asia, hingga playoff menunjukkan sepakbola kita punya kualitas untuk tampil di Olimpiade. Saya salut dan kita targetkan Olimpiade berikutnya. Terima kasih untuk perjuangan kalian,” ujar Erick yang menonton langsung perjuangan Garuda Muda di Paris, dilansir dari laman PSSI, Jumat (10/5).

Erick juga menyampaikan rasa terima kasih yang besar kepada semua pihak yang telah mendukung, terutama kepada Presiden Jokowi yang memberikan perhatian besar pada Timnas Indonesia. Dia juga mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak dan para pendukung yang telah bersatu untuk memperkuat Timnas baik secara langsung maupun melalui doa yang tak pernah putus.

Dalam laga penentuan ke Olimpiade Paris 2024 playoff di INF Clairefontaine, Kamis (9/5), Indonesia harus mengakui keunggulan Guinea U23 dengan skor tipis 0-1. Gol kemenangan Guinea dicetak oleh Moriba lewat titik penalti di babak pertama pada menit ke-29.

Meskipun gagal melangkah ke Olimpiade untuk kesempatan ketiga, Erick tetap yakin pada program pematangan timnas yang mengandalkan kualitas talenta muda, pemain naturalisasi, dan pelatihan jangka panjang.

“Timnas ini punya generasi emas. Ada Witan Marselino, Rizki Ridho, Ernando, plus pemain naturalisasi. Lalu kita punya blueprint hingga 2045, dan kita konsisten lakukan training jangka panjang. Artinya program yang kita jalankan sudah on the track. Kita akan konsisten dan perbaiki yang masih kurang. Karena bagaimanapun, dengan pencapaian timnas U-23 ini kita punya kebanggaan baru dan terbukti sepak bola makin menyatukan Indonesia,” kata Erick.

Penulis: Ahmad Faqih Zuhair
Foto: PSSI