Asmin Laura-Hanafiah Resmi Jabat Bupati dan Wakil Bupati Nunukan Periode 2021-2024

GPRIORITY, NUNUKAN – Asmin Laura-Hanafiah resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nunukan periode 2021-2024, Rabu (02/06/2021), pukul 08.30 Wita.

Keduanya dilantik oleh Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang di Gedung Gadis Provinsi Kalimantan Utara.

Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI nomor 131.65-1196 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.65-314 tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Proses pelantikan itu disiarkan secara langsung melalui Facebook @Pemkab Nunukan, tampak Asmin Laura-Hanafiah mengucapkan sumpah/ janji jabatan yang di hadapan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang dan 27 tamu undangan yang hadir.

“Sebelumnya, saya ingin bertanya dulu kepada saudari Asmin Laura dan saudara Hanafiah, apakah bersedia diambil sumpah atau janjinya,” kata Zainal Arifin Paliwang.

“Ya saya bersedia,” jawab Asmin Laura dan Hanafiah bergantian.

Lanjut Zainal Arifin Paliwang,”Menurut apa,” tanya Zainal kembali.

Jawab Asmin Laura dan Hanafiah serentak,” Menurut Islam,” ucap keduanya.

Selanjutnya, Zainal Arifin Paliwang membacakan isi sumpah/ janji jabatan lalu diikuti oleh Asmin Laura dan Hanafiah secara bersamaan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Bupati Nunukan dan Wakil Bupati Nunukan dengan sebaik-baiknya dan dengan seadil-adilnya.

Memang teguh UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-selurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ujar Zainal dan diikuti oleh Asmin Laura dan Hanafiah secara bersamaan.

Setelah proses pelantikan Asmin Laura-Hanafiah, dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Nunukan.

Lalu berikutnya, pelantikan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Nunukan.

Sekadar diketahui, Asmin Laura maju sebagai petahana bupati Nunukan dalam kontestasi Pilkada 2020. Ia berpasangan dengan Hanafiah sebagai calon wakil bupati Nunukan.

Pasangan Asmin Laura-Hanafiah diusung oleh partai Hanura (7 kursi), Gerindra (1 kursi), Nasdem (2 kursi), Golkar (2 kursi) PDIP (1 kursi), dan Perindo (1 kursi).

Termasuk dua partai pendukung (non kursi di parlemen) yakni PKB dan Partai Gelora Indonesia.

Pasangan bertagline Amanah itu memenangi Pilkada Nunukan 2020 setelah dinyatakan unggul dengan perolehan 48.019 suara.

Sementara itu, rivalnya, Dani Iskandar-Muhammad Nasir peroleh 45.359 suara.

Hari ini keduanya resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nunukan periode 2021-2024.(FBI)

Related posts