Bahtiar Baharuddin Resmi Isi Posisi Pj. Gubernur Sulawesi Barat yang Baru

Jakarta, GPriority.co.id – Bahtiar Baharuddin resmi mengisi posisi sebagai Pj. Gubernur Sulawesi Barat yang baru. Ia dilantik langsung oleh Mendagri Tito Karnavian pada Jumat (17/5) di Sasana Bakti Praja, Gedung C Kemendagri.

Pelantikan Bahtiar Baharuddin berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No. 60/P Tahun 2024 tanggal 16 Mei 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pj. Gubernur.

Bahtiar Baharuddin bersama empat Pj. Gubernur baru lainnya, dilantik oleh Mendagri Tito dengan bertujuan untuk mengisi kekosongan. Disamping itu, dipilihnya mereka sebagai penjabat gubernur yang baru, didasari atas usulan-usulan atau penjaringan, baik dari DPRD, Bupati dan Walikota, dan Pemerintah pusat.

Masa jabatan Pj. Gubernur tersebut akan berakhir hingga selesai pilkada 2024 mendatang.

“Kemungkinan besar sampai bulan Januari 2025, Tetapi kalau terjadi sidang perselisihan di MK bisa saja terjadi lebih panjang,” ungkap Mendagri Tito.

Mendagri Tito menilai, semakin banyak pengalaman yang didapatkan Penjabat Gubernur, maka mereka juga diharapkan dapat memahami daerah yang dipimpinnya dengan baik.

“Semakin banyak pengalaman di daerah akan makin memahami daerah daerah sehingga dapat membuat kebijakan tepat,” tutur Mendagri Tito.

Diketahui, bahwa posisi Pj. Gubernur Sulsel dan Pj. Gubernur Sulbar, hanya ditukar. Bahtiar Baharuddin yang sebelumnya merupakan Pj. Gubernur Sulsel, di rolling dengan Prof. Zudan yang sebelumnya merupakan Pj. Gubernur Sulbar.

Foto : GPriority