Bappeda Malut Dukung Peran Geologi Tata Lingkungan bagi Keberlanjutan Pembangunan Daerah

Jakarta, GPriority.co.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Maluku Utara (Malut) mendukung peran geologi tata lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan bagi daerah.

Dalam hal ini, Bappeda Malut telah menyertakan sejumlah arah kebijakan yang menyangkut geologi lingkungan dalam Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Maluku Utara Tahun 2025-2045.

“Terekam dalam 2 (dua) sasaran, yaitu Sasaran pertama, terwujudnya transformasi ekonomi yang mendorong produktifitas tinggi, berbasis iptek, inovasi, inklusif dan berkelanjutan dan Sasaran kedua, terwujudnya ketahanan sosial, budaya dan ekologi untuk menjamin pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan Bappeda Maluku Utara, Iksan M. Saleh saat dihubungi GPriority usai mengikuti Forum Geologi Tata Lingkungan Nasional (FGTLN) 2024 di Jakarta Selasa (7/5).

Iksan menjelaskan bahwa hal tersebut telah sesuai dengan tujuan pembangunan daerah dan berkontribusi terhadap pencapaian pembangunan jangka panjang nasional.

Disisi lain, Iksan menyebut Bappeda Malut juga telah mengusulkan sejumlah rencana pembangunan daerah serta agenda pembangunan nasional.

“Telah dilakukan penyelarasan dengan 17 tujuan pembangunan dan 8 agenda Pembangunan Nasional guna menuju Indonesia Emas 2045 yang gemilang,” ujarnya.

Untuk itu, Iksan berharap dengan adanya Forum tersebut peran Geologi tata Lingkungan bisa berdampak terhadap kerberlanjutan terutama penataan ruang secara maksimal.

“Geologi memiliki peran yang besar dalam penataan ruang terutama untuk memberikan gambaran kondisi suatu kawasan, sehingga dapat ditentukan rekomendasi penataan ruang yang sesuai” ucap Iksan memungkasi.

Untuk diketahui, Forum Geologi Tata Lingkungan Nasional (FGTLN) merupakan agenda yang diinisiasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Adapun dalam Forum dibahas peran geologi tata lingkungan dalam rencana tata ruang, pengelolaan lingkungan, dan pengelolaan air tanah. 

Foto: GPriority