Baru 21,98 % yang Terealisasi, Kemendagri Minta Pemda Percepat Penyerapan APBD 2021

Jakarta,Gpriority-Hingga Rabu (2/6/2021), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat baru 21,98% saja  anggaran yang sudah direalisasikan dari total APBD 2021 yang mencapai Rp1.199,36 triliun.

“Jujur pada saat ini Pemerintah Pusat tengah memfokuskan diri dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah Pandemi Covid-19. Untuk itulah Kami sangat berharap pemerintah daerah (pemda) bisa segera mengakselerasi penyerapan APBD hingga berkontribusi ke angka pertumbuhan ekonomi nasional yang kita targetkan tujuh persen pada kuartal II tahun ini,” kata Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Moch. Adrian dalam siaran persnya yang dikirim humas Kemendagri pada Jumat (4/6/2021). 

Salah satu cara agar penyerapan APBD di tahun 2021 bisa terus diakselerasi, kemendagri menghimbau kepada pemda untuk membelanjakan APBD untuk hal-hal yang bersifat produktif dan berdampak pada penurunan jumlah angka pengangguran.

Staf ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja sependapat dengan Moch. Andrian. Menurut Endra dalam release yang sama, salah satu langkah yang bisa diambil pemda untuk mempercepat realisasi APBD 2021 adalah melakukan pembangunan di wilayahnya.

“ Selama pandemi banyak sekali pembangunan yang sempat terhenti di beberapa daerah. Untuk itulah saya menghimbau agar pembangunan tersebut kembali dilaksanakan. Saran saya agar melibatkan pula penduduk setempat sehingga angka pengangguran di daerah tersebut menjadi semakin berkurang,” tutupnya.(Hs)

 

                    

Related posts