Bersiap Menyaksikan F1 Power Boat Danau Toba

Jakarta, Gpriority.co.id – Setelah sukses menyelenggarakan ajang balap Formula E tahun 2022 lalu, Indonesia akan menggelar ajang F1 Power Boat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023. Apa dan bagaimana ajang balap perahu cepat kelas dunia tersebut digelar? Redaksi membaginya untuk anda.

F1 Power Boat adalah ajang balap perahu single-seater terbesar di dunia yang telah diselenggarakan sejak tahun 1980-an dan memiliki beberapa seri balapan di seluruh dunia.

F1 Power Boat Lake Toba Indonesia atau Formula 1 Power Boat World Championship adalah kompetisi balap internasional untuk perahu motor yang diselenggarakan oleh Union International Motonautique yang dipromosikan oleh H20 racing. Oleh karena itu sering disebut sebagai F1H20. Kejuaraan F1H20 juga merupakan salah satu rangkaian Grand Prix dati 8 acara yang berlangsung di Eropa, Timur Tengah dan Asia.

Gelaran F1 Power Boat di Indonesia berlangsung pada 24-26 Februari 2023 di salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yaitu Danau Toba. Lebih tepatnya di Kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitulu, Kecamatan Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sendiri meyakini event ini akan jadi salah satu pemantik kebangkitan ekonomi. Termasuk semakin mengembangkan sektor parekraf khususnya di DSP Danau Toba, dan tentunya berperan besar mencapai target 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024.

Ajang F1H20 di Danau Toba sendiri akan diikuti oleh 20 pembalap dunia. Dengan durasi balapan berlangsung 405 menit dengan beberapa putaran tidak akan lebih dari 60 menit. (dbs/ps)