Bertemu dengan Guru se-Muna Barat, Gubernur Sultra Sampaikan ini

Sumber Foto: Biroadpim Sultra
Penulis : Haris
Editor : Lina F

Muna Barat, GPriority.co.id-Selasa (7/3/2023) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., bersama rombongan melakukan kunjungan ke SMA 1 Tikep Kabupaten Muna Barat. Kedatangan Gubernur Ali Mazi untuk bertatap muka dengan guru se-Muna Barat.

Dijelaskan oleh Kepala SMAN 2 Sawerigadi, La Ode Mirad, jika para guru honorer di sekolahnya menginginkan honor ditingkatkan. Karena guru honorer yang mengajar di sekolah tersebut jarak yang ditempuh cukup jauh. “Guru honorer yang belum masuk PPPK menginginkan kenaikan gaji, karena gaji yang diterimanya tidak mencukupi untuk kebutuhan bahan bakar per bulan.”

Selain itu beberapa kepala sekolah juga menyampaikan, terkait akses internet sangat kurang dan bahkan tidak ada signal sehingga digitalisasi pendidikan tidak maksimal berjalan.

Menanggapi pernyataan tersebut, Gubernur Ali Mazi menyampaikan telah ada regulasi yang ditetapkan terkait gaji guru honorer. Dimana telah dinaikkan dari Rp150.000 menjadi Rp400.000 dengan dana bos. “Disetiap sekolah bisa mencapai Rp1,2 juta. Kemudian ada SK Gubernur untuk jenjang SMA.”

Mengenai BTS, Kepala Dinas Komunukasi Informatika, Ridwan Badallah menyampaikan, bahwa benar adanya blankspot dialami di Kabupaten Muna Barat. Langkah yang akan dilakukan adalah segera melakukan survey lokasi dan titik koordinat.

“Bahwa terdapat 44 lokasi di Muna Barat yang terdampak pada blankspot dan lemah signal. Ke-44 lokasi tersebut tersebar di tujuh kecamatan dan 22 kelurahan dan desa. Oleh sebab itu, langkah kami adalah segera melakukan survey dan penentuan titik koordinat dan selanjutnya gubernur akan bersurat ke PT. Telkom Indonesia untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah lainnya adalah mengajukan permohonan untuk mengadakan BTS di 44 lokasi tersebut. Solusi lainnya, kami akan mengajukan sukang BTS atau juga penganggaran BTS di APBD. Silang BTS dimaksudkan adalah beberapa kelebihan BTS di kabupaten seperti di Kabupaten Konawe Kepulauan akan diusulkan untuk dipindahkan ke Kabupaten Muna Barat,” jelas Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Ridwan Badallah menutup perbincangan.