Bijak Bermedsos, 13 Warganet Trenggalek Dapat Penghargaan

Warga Internet dari Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mendapatkan penghargan atas dedikasi dan kerja keras membantu kepolisian menjaga kondusivitas di media sosial.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera kepada 13 orang warganet di halaman Mapolres Trenggalek, Senin (30/8/2021).

AKBP Dwiasi menuturkan, revolusi industri 4.0 telah berkembang cukup pesat. Kecanggihan teknologi membawa dampak terhadap dinamika kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat). Ia jugan mneuturkan bahwa kehadiran media sosial tidak bisa dipandang sebelah mata, dunia seakan tanpa sekat jarak, waktu dan ruang.

“Peristiwa di belahan dunia lain bisa diketahui saat itu juga. Apa yang terjadi di dunia maya berpengaruh terhadap dunia nyata. Demikian pula sebaliknya, opini yang terbangun didunia maya juga akan mempengaruhi manusia di dunia nyata,” katanya.

Satu sisi, media sosial membawa warna baru dalam hal berkomunikasi, belajar hingga mendorong perekonomian digital. Namun disisi yang lain, turut membawa sisi gelap berupa informasi hoaks yang bersifat adu domba, ujaran kebencian, SARA serta kejahatan siber seperti penipuan, perjudian hingga pornografi.

Maka dari itu Kapolres menegaskan perlunya peran serta yang aktif dari masyarakat secara mandiri agar media sosial menjadi sarana interaksi yang lebih aman, nyaman dan beradab. Dengan penghargaan itu, ia berharap bisa menjadi pelecut semangat dan motivasi agar para netizen tetap semangat dan meningkatkan kinerjanya bersama Polri.

“Terus menebarkan kebaikan melalui media sosial dan menjadikan media sosial sebagai sarana menumbuhkan kesadaran publik tentang arti penting saring sebelum sharing. Terima kasih. Tetap semangat, jangan pernah lelah menebarkan kebaikan, membangun perubahan kearah yang lebih baik di media sosial,” pungkasnya (Dwi.foto.dok.Humas Trenggalek)

Related posts