Dukcapil Jaksel Gelar Kegiatan Donor Darah di Kantornya

Jakarta,Gpriority – Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Selatan, berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta menggelar kegiatan donor darah di Kantor Sudin Dukcapil, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Senin (7/6). Kegiatan donor darah digelar dalam rangka menyambut Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni dan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta yang ke-494 pada 22 Juni mendatang.

Donor darah merupakan aktivitas memberikan atau menyumbangkan darah secara sukarela. Darah kerap dibutuhkan oleh orang yang mengalami luka berat atau menderita penyakit tertentu, seperti anemia, thalasemia, dan kanker darah. Hingga saat ini kebutuhan akan donor darah masih terus meningkat.

Kasudin Dukcapil Jaksel, Abdul Haris mengaku telah mengundang seluruh pegawai Sudin Dukcapil di seluruh wilayah di Jakarta Selatan, baik itu ASN maupun non ASN untuk mengikuti donor darah.

“Para pendonor pada hari ini sebanyak 494 orang dari unsur suku dinas itu mulai dari suku dinas di kecamatan dan kelurahan ya dari unsur lainnya,” tuturnya.

Sementara, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Efendi yang hadir langsung meninjau kegiatan donor darah memberikan apresiasi kepada Sudin Dukcapil Jaksel.

Menurutnya, kegiatan ini sesuai dengan seruan Gubernur DKI Jakarta kepada seluruh SKPD untuk melakukan kegiatan sosial donor darah. “Kita targetkan selama hari donor darah sedunia ini mulai 6 sampai dengan 30 Juni 2021 dari Pemda DKI Jakarta terkumpul 22.000 kantong darah,” tuturnya.

Angka 22.000 dipilih, lanjut Rustam, karena angka 22 merupakan tanggal Ulang Tahun DKI Jakarta yang ke-494 dengan tema Jakarta Bangkit.

Kegiatan donor darah ini, bertujuan untuk menyiapkan stok darah Jakarta bagi masyarakat yang membutuhkan. “Kebutuhan darah di Jakarta per harinya 1.000 kantong darah, oleh karena itu kegiatan donor darah ini tidak boleh berhenti,” tutupnya.(Gp-Tika)

Related posts