Dukungan Penuh Menko Marves dalam Percepatan Transformasi Digital Pemerintahan

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendukung upaya percepatan digitalisasi pemerintahan.

Luhut mengatakan akan segera mengkoordinasikan pada kementerian dan lembaga dibawah naungannya untuk percepatan hal tersebut.

“Digitalisasi ini harus dipercepat seperti saat Covid-19. Saat itu kita dipaksa melakukan digitalisasi dan berhasil,” kata Luhut di Jakarta, Kamis (4/1).

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengaku telah mengunjungi beberapa negara yang bisa dijadikan percontohan penerapan pemerintahan digital, seperti Estonia, Inggris, dan lain sebagainya.

“Indonesia akan menuju ke era baru dimana pemerintahan akan menerapkan sistem digital, dan masyarakat semakin dimudahkan dalam urusan pelayanan,” ujar Anas.

Oleh sebab itu, Anas menuturkan, pihaknya segera mematangkan portal nasional pelayanan publik. Website layanan pemerintah nantinya akan dijadikan satu.

Portal ini, kata Anas, didesain dengan interoperabilitas yang baik, dan berorientasi ke user/citizen centric seperti di negara-negara yang menjadi benchmark.

“Publik tidak lagi perlu banyak mengunduh banyak aplikasi, tetapi cukup satu aplikasi yang bisa memuat beragam jenis pelayanan,” tuturnya.