Ini 7 Manfaat Donor Darah yang Jarang Diketahui

Jakarta,GPriority.co.id – Hari Donor Darah diperingati setiap tanggal 14 Juni di seluruh dunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia dalam kebutuhan darah serta untuk meningkatkan kesadaran global tentang perlunya darah dan produk darah yang aman untuk transfusi.

Hari Donor Darah Sedunia tahun ini mengambil tema “Donating Blood is an Act of Solidarity: Join the Effort and Save Lives”, atau donorkan darah untuk aksi solidaritas: bergabunglah dalam upaya ini dan selamatkan nyawa.

Pada Hari Donor Darah Sedunia 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk memberikan darah sebagai tanda solidaritas. Darah dan produk darah yang aman untuk transfusi merupakan aspek penting dari perawatan dan kesehatan masyarakat.

Selain donor darah penting untuk keselamatan dan perawatan, adapula manfaat yang bisa didapatkan dari donor darah. Berikut 7 manfaat donor darah yang jarang diketahui:

1. Mengurangi Stres
Donor darah secara rutin bisa membantu Anda mengurangi stres. Manfaat donor darah rutin akan membuat mood menjadi lebih baik, tidak mudah marah dan tidak mudah tersinggung. Setelah donor darah, tubuh akan memproduksi sel-sel baru, maka tidak heran jika tubuh kembali menjadi lebih segar.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat
Manfaat donor darah selanjutnya adalah mampu mengendalikan kolesterol darah. Kekentalan darah dapat terkontrol dengan baik karena mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Mendeteksi Penyakit

Donor darah bisa membantu Anda untuk mendeteksi penyakit berbahaya lebih dini. Tes kesehatan saat donor darah menjadikan kesehatan pendonor menjadi lebih terkontrol dengan baik.

4. Mengurangi Risiko Obesitas
Manfaat donor darah lainnya adalah mencegah obesitas atau kegemukan. Jika ingin memiliki tubuh ideal, Anda bisa melakukan donor darah secara rutin selain olahraga dan menjaga pola hidup sehat. Karena, ketika mendonorkan darah ada lebih dari 600 kalori terbakar dari 450 mililiter darah yang dikeluarkan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Donor darah secara rutin mampu menyehatkan jantung. Donor darah bisa mengurangi kadar kekentalan pada darah, salah satu penyebab risiko penyakit jantung. Gumpalan darah akan menyumbat pembuluh darah dan buruk bagi kesehatan jantung.

6. Meningkatkan Produksi Darah
Manfaat donor darah secara rutin adalah dapat meningkatkan produksi darah secara alami. Darah merah memiliki peran untuk mengalirkan nutrisi ke seluruh anggota badan. Peningkatan jumlah sel darah merah dalam tubuh bisa lebih optimal dengan mendonorkan darah.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Berbahaya
Manfaat donor darah rutin adalah menurunkan risiko penyakit berbahaya. Tubuh dengan kadar zat besi yang terlalu tinggi memungkinkan terkena radikal bebas. Kondisi ini membuat tubuh rentan terkena penyakit. Manfaat donor darah dapat membuat kondisi tersebut teratasi. (Hn.)

Related posts