Ini Dampak Mengerikan Polusi Udara bagi Generasi Muda

Jakarta, gpriority.co.id – Kualitas udara buruk yang terjadi di Jakarta dan beberapa kota di Indonesia kerap kali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal kualitas udara yang buruk bagaikan monster tak kasat mata, perlahan menggerogoti kesehatan dan merenggut hak mereka untuk hidup sehat.

Sebuah studi terbaru dari Universitas Harvard mengungkap kenyataan pahit, dimana paparan polusi udara sejak dini dapat menjadi bom waktu bagi kesehatan di masa depan.

Penelitian ini dilakukan dengan melacak kesehatan lebih dari 100.000 orang selama 30 tahun. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang terpapar polusi udara sejak kecil memiliki paru-paru yang lebih kecil dan lebih lemah, serta lebih rentan terhadap infeksi pernapasan. Mereka juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung, stroke, dan kanker paru-paru.

Dampaknya tak berhenti di situ. Polusi udara juga dapat mengganggu perkembangan otak dan kecerdasan anak. Hal ini dapat menghambat kemampuan belajar mereka dan membatasi potensi di masa depan.

Temuan ini menunjukkan bahwa paparan polusi udara tidak hanya berbahaya bagi kesehatan anak-anak, tetapi juga dapat membawa dampak jangka panjang yang serius di masa dewasa.

Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan polusi udara, terutama bagi anak-anak.

Foto: X @nypost