Jelang Upacara 17 Agustus, PLN Siap Topang Sistem Kelistrikan di IKN

Jakarta, GPriority.co.id – Jelang upacara 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN), PT PLN dilaporkan siap mendukung pelaksanaan tiga infrastruktur bertegangan tinggi untuk menopang sistem kelistrikan di wilayah tersebut.

Ketiga infrastruktur dengan realisasi tingkat komponen dalam negeri sebesar 67,29 persen, meliputi satu unit gas insulated switchgear (GIS).

“PLN berkomitmen penuh mendukung IKN dan mendukung upaya pemerintah membangun IKN dengan konsep kota hutan. Selain itu IKN kota pintar, indah, dan ramah lingkungan,” kata Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasojo, di Jakarta, Selasa (11/06/24), dilansir dari laman PLN.

Lebih lanjut Darmawan mengatakan jika PLN berkomitmen penuh mendukung infrastruktur kelistrikan hijau di IKN yang akan menjadi ibu kota terbaik dengan teknologi canggih. Serta, menggunakan sumber energi bersih dukung teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) paling mutakhir dan estetik.

Selain itu, Darmawan juga mengungkapkan jika keberhasilan PLN menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut juga turut menyumbang peningkatan progres pembangunan IKN. Hal ini menjadi komitmen perseroan mendukung pemerintah dalam pembangunan IKN, sekaligus kesiapan upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

“PLN terus menyiapkan sistem kelistrikan yang selaras dengan grand design pembangunan IKN, termasuk untuk persiapan upacara peringatan HUT RI. Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung suksesnya momen bersejarah di IKN tersebut,” jelasnya.

Dijelaskan oleh General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kaltim, Raja Muda Siregar, pihaknya telah berhasil menyelesaikan infrastruktur kelistrikan. Penyelesaian dalam waktu yang cepat dan tanpa mengganggu sistem kelistrikan eksisting.

“Kami berhasil melakukan energize perdana untuk ketiga infrastruktur tanpa mengganggu sistem kelistrikan yang ada dan diselesaikan kurang dari setahun. Kami membangun dua jaringan transmisi dengan panjang total 52,8 kilometer sirkuit (kms) dan GIS IKN menjadi yang pertama,” ucapnya.

Foto : PLN