Lakukan Kunker Ke Norwegia, Menlu Retno Jadi Pembicara di Opening Plenary Oslo Forum 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, saat ini dilaporkan sedang melakukan kunjungan kerja ke Oslo, Norwegia. Ia menghadiri acara Oslo Forum 2024, sekaligus menjadi salah satu pembicara di opening plenary.

Tak hanya sendiri, Menlu Retno juga turut berdiskusi satu panggung dengan Perdana Menteri Norwegia, Presiden Somalia, dan State Minister dari Qatar. Sementara wartawan senior BBC, Lyse Doucet, berperan sebagai moderator dalam sesi tersebut.

Di tahun ini, Oslo Forum mengangkat tema “mediation against all odds”, yang berarti mediasi di tengah situasi yang serba sulit.

Diakui Menlu Retno, tema tersebut sangatlah relevan di tengah terus meningkatnya konflik dan perang di dunia, antara lain di Gaza dan Ukraina. Oslo Forum adalah forum tahunan yang dilakukan oleh Norwegia, dimana para mediator dan negosiator dari berbagai negara diundang.

“Tahun ini merupakan keempat kalinya saya diundang ke Oslo Forum. Hal ini didasari pertimbangan peran aktif yang terus dimainkan Indonesia, baik untuk isu Myanmar, Afghanistan, maupun Palestina,” tulis Menlu Retno dalam keterangan tertulisnya.

Diakui Menlu Retno, undangan untuk berpartisipasi dalam sesi pembukaan tersebut merupakan pengakuan terhadap peran Indonesia yang selalu aktif dalam memajukan perdamaian internasional. Masing-masing panelis bicara antara lain mengenai tantangan yang dihadapi mediator di tengah terus bertambahnya dan semakin kompleksnya konflik dan perang.

“Dalam diskusi antara lain saya sampaikan bahwa, tidak semua negara dapat menjadi mediator, tapi semua dapat berkontribusi untuk mewujudkan perdamaian, menciptakan situasi yang kondusif untuk perdamaian. Jadi diskusinya, saya usulkan untuk diperluas, bukan hanya mediation against all odds” tetapi “mediation and peace making against all odds,” jelasnya.

Foto : Oslo Forum 2024