Katakan Tidak Pada Gula Jika Ingin Awet Muda


Jakarta, GPriority.co.id- Gula merupakan bahan yang sering dicampurkan pada makanan dan minuman untuk menambah rasa manis. Rasa manisnya gula memang sulit diabaikan. Namun mengonsumsi gula secara berlebih dapat menimbulkan masalah kesehatan tubuh dan kulit loh. Untuk itu ada baiknya mengurangi kadar gula dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Masalah kesehatan kulit sangat diperhatikan oleh kaum hawa agar selalu tampak sehat dan awet muda. Salah satu cara untuk menjaga keremajaan kulit adalah menjaga kadar gula yang masuk dalam tubuh. Mengurangi asupan gula dapat bermanfaat mengurangi kadar gula darah yang dapat mempengaruhi elastisitas kulit.

Melansir dari halodoc, kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan molekul efek berantai yang disebut sebagai glycation. Glycation inilah yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit yang berimbas pada penuaan dini, kulit kusam, dan keriput. Maka dari itu pentingnya mengurangi asupan gula dapat memberikan efek awet muda pada kulit terutama dibagian wajah.

Meski demikian, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan asupan gula samasekali. Tubuh tetap menjadikan gula sebagai sumber energi utama, namun dalam kadar yang pas tidak berlebihan. Menurut American Heart Association (AHA), wanita sebaiknya mengonsumsi gula sebanyak 25 gram atau 100 kalori per hari (setara 6 sendok teh gula) dan untuk pria sebanyak 36 gram atau 150 kalori per hari (setara 9 sendok teh).

Untuk mengontrol asupan gula demi menjaga kesehatan tubuh dan kulit, sebaiknya dilakukan dengan diimbangi makan makanan bergizi, berolahraga, dan menerapkan pola hidup sehat. Jika diperlukan konsultasikan pada dokter mengenai hal tersebut. (Gs)

Related posts