Kemenkes Pastikan Vaksin Covid-19 Gratis untuk Kelompok Rentan

Jakarta, GPriority.co.id – Mulai 1 Januari 2024, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 tetap diberikan secara gratis kepada kelompok masyarakat yang rentan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu, mengumumkan kepastian tersebut melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes di Jakarta pada hari Minggu lalu.

“Nantinya ada dua kelompok yang menjadi sasaran imunisasi Covid-19 program dan mendapatkan imunisasi Covid-19 gratis,” ungkap Maxi Rein dalam keterangannya, dikutip, Senin (1/1).

Maxi menjelaskan bahwa kelompok pertama yang berhak menerima vaksinasi Covid-19 secara gratis adalah mereka yang belum pernah mendapatkan vaksin Covid-19 sebelumnya.

“Kelompok pertama adalah yang belum pernah menerima vaksin Covid-19 sama sekali, sementara kelompok kedua adalah yang sudah menerima minimal 1 dosis vaksin,” ucapnya.

“Baik kelompok pertama maupun kelompok kedua dikhususkan bagi masyarakat lanjut usia, lanjut usia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, ibu hamil, serta remaja usia 12 tahun ke atas,” sambungnya.

Terlebih lagi, di luar rentang usia tersebut, individu yang mengalami gangguan sistem kekebalan (immunocompromised) dalam kategori sedang hingga berat masih memiliki akses untuk menerima vaksin secara gratis.

Lebih lanjut, bagi mereka yang tidak memenuhi kriteria di atas, opsi untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 menjadi pilihan imunisasi mandiri yang bersifat berbayar.

Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Farmalkes HK.02.02/E/2571/2023 tentang Penyediaan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Pilihan, vaksin bisa didapatkan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19.

Hal ini tercantum dengan merujuk pada Surat Edaran Dirjen Farmalkes HK.02.02/E/2571/2023 mengenai Penyediaan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Pilihan, vaksin dapat diperoleh di semua fasilitas layanan kesehatan yang menyediakan vaksinasi Covid-19.

Foto: GP Sifra