Kemensos Gandeng Mahasiswa Tangani Pengentasan Kemiskinan


Kementerian Sosial akan menggandeng para mahasiwa di Indonesia untuk memverifikasi dan memvalidasi data, serta menganalisa masalah kemiskinan.

Dengan melibatkan para mahasiwa, maka akan di potret persolan kemiskinan dari sisi praktik masalah sosial, yang terjadi di tengah masyarakat.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan segera mengajukan proposal terkait satu semester yang akan mendaptkan 20 SKS terkait praktik sosial kepada Nadiem Makarim, Mendikbud Ristek.

Sebelumnya, para mahasiswa akan mendaftar pada Kemensos, karena sebagai salah satu leading sector penanganan kemiskinan.

“Awal Juli akan diluncurkan pada para mahasiswa, sehingga di Agustus ini sudah mulai pendaftaran untuk program penanganan kemiskinan itu,” Ujar Risma di Jakarta, Kamis (17/6/2021)

Dalam siaran Press Release Kemensos, tugas dari para mahasiswa ini adalah menganalisis masalah, seperti mengapa orang yang layak mendapatkan bantuan, tapi malah tidak mendapatkan bantuan tersebut.
Dari hasil analisis komprehensif, bila ada warga mengaku petani tapi usai dicek hanya buruh dan tak punya lahan, lalu bagaimana bisa keluar dari kemiskinan.

Bukan hanya itu, karena para mahasiswa ini akan terjun langsung ke lapangan, naik turun gunung untuk menganalisa dan melakukan pengecekan lapangan, sehingga akan dibantu untuk biaya transportnya.

“Memang analisis itu berat, tapi itu harus kita mulai satu demi satu, dalam upaya penanganan kemiskinan dan mengungkap masalahnya seperti apa, ” terang Mensos.(Sof.Foto.Istimewa)

Related posts