Kenali Cara Kerja Modus Skimming, Bisa Sikat Habis Uangmu di Bank

Jakarta,GPriority.co.id – Kejahatan skimming adalah tindakan pencurian informasi dari kartu kredit atau debit yang menggunakan alat bantu skimmer. Kejahatan ini termasuk dalam metode phising karena pelaku memancing korban untuk mendapatkan sejumlah informasi yang nantinya akan mengambil uang korban di bank.

Para pelaku kejahatan skimming biasanya memasang alat skimmer di lubang mulut mesin ATM maupun di mesin gesek Electronic Data Capture (EDC). Kemudian alat skimmer nantinya akan menyalin data, mulai dari PIN hingga jumlah saldo dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM nasabah.

Skimmer merupakan alat yang dirancang untuk menyerupai mulut slot mesin ATM sehingga sulit untuk mengidentifikasinya secara sekilas. Ketika kartu dimasukan ke mesin ATM atau EDC, skimmer akan langsung merekam informasi dari kartu tersebut.

Kejahatan skimming juga bisa terjadi dari pihak dalam seperti adanya kemungkinan kebocoran database perbankan di dalam pengolahan data oleh pihak perbankan atau ada skimming mesin EDC yang disertai dengan pengintip PIN.

Berikut tips agar kita tidak menjadi korban skimming:

1. Pilih kartu ATM yang sudah pakai chip. Untuk menghindari kejahatan skimming, salah satu caranya Anda bisa menggunakan kartu ATM yang sudah menggunakan chip karena kartu ATM tersebut sudah terenkripsi.

2. Raba bagian atas tombol sebelum masukkan PIN. Hal ini dilakukan untuk menghindari skimming terjadi. Meraba bagian atas langit-langit tombol untuk memencet pin ATM adalah cara untuk mengetahui apakah mesin ATM tersebut merekam pin ATM kita atau tidak.

3. Selalu gunakan transaksi cardless. Sejumlah perbankan telah melakukan inovasi baru dengan memberikan layanan transaksi pengambilan uang di ATM tanpa kartu atau cardless. Cardless merupakan salah satu cara untuk mencegah tindak pindana skimming.

Selain berhati-hati, kita juga perlu untuk meningkatkan kewaspadaan ekstra ketika akan bertransaksi menggunakan kartu khususnya pada lokasi ATM di tempat sepi atau mesin ATM dan mesin gesek EDC yang terlihat mencurigakan.(Hn.)

Related posts