Kerja Sama dengan Pemkab Fakfak, Inobu angkat 3 Tema Besar


Jakarta,GPriority.co.id-Yayasan Inobu adalah lembaga penelitian nirlaba Indonesia yang didirikan pada tahun 2014.

Penelitian terapan kolaboratif dikembangkan Yayasan Inobu dengan maksud untuk menginformasikan inovasi kebijakan dan desain yang mengarah pada produksi komoditas yang berkelanjutan dan adil serta penggunaan sumber daya alam.

Yayasan Inobu secara aktif melibatkan pemerintah, masyarakat sipil dan masyarakat dalam desain dan penyebaran hasil penelitian dan inovasi mereka.

Bersama Pemerintah Kabupaten Fakfak, Inobu mengangkat 3 tema besar yang pertama mengenai masyarakat adat, yang kedua , perlindungan lingkungan istilah disana kawasan bernilai konservasi tinggi dan perlindungan hutan dan terakhir komoditasnya.

” Tentu kerja sama yang menyangkut ketiganya ada berbagai aspek,” ucap Steni Bernard Chairman Yayasan Inobu yang ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (28/7/2022).

Terkait dengan masyarakat adat, Inobu seperti dikatakan Steni ingin membantu Pemda untuk menuntaskan tunggakan kebijakan untuk pengakuan masyarakat.” Dengan keterlibatan berbagai pihak di sana termasuk masyarakat adat sendiri, harapannya target itu bisa tercapai,” jelas Steni.

Kedua, yang berhubungan dengan lingkungan, target Inobu membantu pemerintah daerah mengidentifikasi wilayah-wilayah yang dipandang sebagai kawasan lindung oleh masyarakat.” Itu yang akan diusulkan dalam proses pemetaan berbasis kampung bisa diidentifikasi dimana saja dan bisa diajukan juga usulannya Pemerintah daerah sebagai hutan lindung versi masyarakat dan juga daerah setelah ada titik temu,” ucap Steni.

Terkait dengan pala, Inobu mengajak mitra yang berkaitan dengan pala untuk membeli dari perusahaan yang mau langsung bekerja sama dengan petani. Harapannya ketika mitra tahu bahwa Fakfak mengelola pala secara berkelanjutan, lestari dan melibatkan masyarakat adat, maka ada cerita baik di mata pasar.

” Itulah yang dibicarakan dalam rapat dengan Pemkab Fakfak. Bahkan dalam acara tersebut ada beberapa perusahaan yang hadir untuk tahu lebih lanjut. Semoga itu bisa menjadi kerja sama yang berkelanjutan,” tutup Steni.(Hs.Foto.Hs)

Related posts