Kominfo Siapkan Backup Telekomunikasi di PON XX Papua

Jakarta,Gpriority- Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua tinggal sebentar lagi. Untuk itulah segala persiapan terus dilakukan bukan hanya dalam segi Infrastruktur tapi juga dalam tersedianya jaringan telekomunikasi.

“Saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang membangun inftrastruktur telekomunikasi di berbagai titik, termasuk di wilayah Papua,” ucap Menkominfo Johhny G. Plate saat acara virtual pada Kamis (24/6) Forum Barat Merdeka 9 yang mengangkat tema “Mengintip Kesiapan PON XX Papua”.
Dalam diskusi virtual yang turut dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, Menkominfo Johhny mengatakan bahwa Kominfo akan mengambil seluruh langkah untuk memastikan tersedianya layanan telekomunikasi dan bandwidth yang cukup untuk sebelum, selama dan setelah PON XX Papua.

“Termasuk infrastruktur yang dibangun oleh BAKTI Kominfo (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi akan memperhatikan last mile BTS-BTS-nya, mobile-mobile BTS dan akses internet,” jelas Johnny.

Kominfo juga sudah menyiapkan antisipasi berupa cadangan, backup, telekomunikasi terutama di tempat penyelenggaraan PON, penginapan atlet dan penyelenggara kegiatan. Ini sebagai bentuk antisipasi karena pada acara PON XX dipastikan lalu lintas telekomunikasi akan besar.

“Kita akan berikan backup, karena apa? PON ini juga sangat menentukan bahwa Indonesia tidak terhambat oleh Covid-19, kita tetap mampu melaksanakan itu. Papua dan PB PON harus sukses di dalam melaksanakan PON ini, karena ini menjadi tugas kita bersama,” Ujar Menteri Johnny G. Plate.

Terkait beberapa waktu lalu, kabel serat optik bawah laut di Papua sempat dikabarkan putus di kedalaman 4 ribu meter sehingga menyebabkan wilayah Papua tidak mendapat akses telekomunikasi. Kominfo menggandeng operator seluler untuk pemulihan, membangun kabel bawah laut di kedelaman yang sama dengan rute baru.

Johnny menegaskan kabel tersebut sudah selesai diperbaiki dan transmisi data dari wilayah Indonesia Barat ke Papua maupun sebaliknya sudah pulih dan bisa berjalan.

Saat pemulihan jaringan telekomunikasi tersebut, saat ini pemerintah berupaya untuk meningkatkan kapasitas telekomunikasi di lokasi tersebut.

Operator seluler juga berkomitmen untuk memastikan kualitas infrastrutur dan telekomunikasi Papua. Termasuk menyediakan cadangan ketika diperlukan.(Sof.Foto.dok.Humas Kominfo)

Related posts