Lestarikan Bahasa Daerah, Bupati Halsel Dapat Penghargaan dari Mendikbudristek Tepat di Peringatan Hardiknas 2024

Halmahera Selatan, GPriority.co.id – Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Basam Kasuba memberikan bukti komitmen dalam melestarikan Bahasa Daerah, sehingga suksenya program Revitalisasi Bahasa Daerah dalam Platform Merdeka Belajar Episode 17.

Bupati Halsel Hasan Ali Basam Kasuba diberikan penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia di jakarta. Lantaran dari suksenya Revitalisasi bahasa daerah Merdeka.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim, B.A.,M.B.A. kepada Bupati Halsel Hasan Ali Basam Kasuba pada acara Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN).

Festival yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbud Ristek, melalui Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra dengan tema (Melestarikan Bahasa Daerah, Menjaga Kebinekaan Indonesia).

“Festival ini telah melibatkan lebih dari sembilan koma enam juta pelajar, guru, dan pegiat bahasa daerah dan setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah bahasa daerah yang berhasil kita revitalisasi, ini tentunya bukan prestasi Kemendikbud-ristek, tapi buah dari gotong royong kita semua dalam memajukan bahasa daerah,” ungkap Bupati Hasan Ali Basam.

Setelah usai menerima penghargaan dari Kemendikbud-ristek itu, Hasan Ali Basam menambahkan bahwa Pemerintah Daerah akan terus mendukung pelestarian bahasa daerah khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan.

“Alhamdulillah hari ini, tepat peringatan Hari Pendidikan Nasional, kami mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud-ristek mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua dalam mendorong revitalisasi bahasa daerah Halmahera Selatan untuk kemudian menjadi jati diri dan pengembangan kebudayaan kita di Halsel,” ujar dalam menutupnya.

Foto: Riftan