Masalah Uang dan Masalah Kesehatan, Benarkah Berhubungan?

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Aflaha Rizal Bahtiar

Jakarta, GPriority.co.id— Stres finansial merupakan masalah yang cukup luas, di mana ini mengakibatkan rasa cemas, tegang, dan khawatir mengenai kesehatan finansialnya.

Masalah finansial juga tidak hanya terjadi pada anak muda, tetapi juga orangtua dalam mengelola keuangan. Penyebab utamanya terjad ketika memiliki pendapatan yang tidak sesuai dengan pengeluarannya.

Memang, pendapatan yang tidak sesuai ditambah kebutuhan yang serba mahal, bikin seseorang stres. Stres ini tentu sangat berdampak bagi kesehatan jangka panjang.

Bagaimana hubungan stres bagi masalah finansial?

Ada efek yang terjadi ketika seseorang mengalami stres karena tekanan finansial. Guncangan ini menunjukkan adanya dampak bagi kesehatan mental dan fisik, termasuk depresi sampai percobaan bunuh diri.

Stres kronis, termasuk stres finansial, dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Salah satunya mudah marah, sedih, putus asa, depresi, sampai kecemasan.

Efek stres kronis ini tidak hanya berisiko percobaan bunuh dir, tetapi bisa berefek pada pelampiasan diri lewat zat-zat narkotika.

Bagaimana masalah keuangan memengaruhi kesehatan fisik?

Tidak dipungkiri, stres juga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik, mulai dari sering sakit kepala, tekanan darah tinggi, sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan, perubahan nafsu makan, kelelahan, penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit stres lainnya.

Stres yang berkepanjangan ini dapat memengaruhi kadar hormon, di mana salah satu pemicunya adalah depresi. Tak hanya itu, gejala lain juga bisa berkaitan dengan masalah finansial. Mulai dari merasa gagal, malu, dan rendah diri karena tidak bisa menafkahi diri sendiri maupun keluarga.