Mengapa Eko Patrio Diusulkan PAN Jadi Calon Menteri Prabowo-Gibran?

Jakarta, GPriority.co.id – Artis dan politisi Eko Patrio, ternyata telah diusulkan oleh PAN untuk menjadi calon menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Hal ini diungkapkan langsung oleh Zulkifli Hasan saat menyebut deretan nama yang akan diusung PAN pada Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang.

“Kalau di Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko, tapi kan Eko calon menteri ya,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Antara.

Lalu, mengapa Eko Patrio yang diusulkan PAN untuk jadi calon menteri Prabowo-Gibran?

Berdasarkan keterangan dari Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay, lelaki yang juga merupakan Kader PAN itu merupakan sosok yang mumpuni untuk mengisi kursi menteri pada kabinet Prabowo-Gibran.

“Eko Patrio itu politisi senior. Sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat. Dari sisi pengalaman, tentu mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri,” ungkapnya.

Begitupun pada internal PAN, Eko Patrio dinilai sebagai sosok yang berprestasi. Salah satunya saat dirinya berperan penting dalam memimpin PAN, hingga mendapatkan kursi di DPRD DKI Jakarta dan DPR.

“Mas Eko berhasil memimpin PAN untuk meraih 10 kursi DPRD DKI dan tiga kursi DPR RI. Itu bukti kegigihan dan kesungguhannya dalam memimpin,” tutur Saleh.

Senada dengan Zulhas, Saleh pun mendukung penuh jika Eko Patrio maju menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran nantinya.

“Saya menilai, Mas Eko itu politisi yang baik. Dia sekretaris saya di Fraksi PAN. Banyak tugas di DPR yang sukses dilaksanakan. Ya, pantaslah kalau Ketum Zulhas menyebut namanya sebagai salah seorang calon menteri,” tuturnya.

Menanggapi pernyataan Zulhas, Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman juga menilai bahwa Eko Patrio pantas untuk menduduki jabatan tersebut.

“Kalau potongannya, itu Eko pantas juga kalau jadi menteri. Kalau lihat baju ya, potongannya dengan bahannya, potongannya bagus, bahannya bagus (sambil nunjuk baju), Eko jadi menteri. Menurut saya, pantas-pantas banget Pak Eko jadi menteri,” jelasnya.

Foto : RMOL