Surat Tilang Bakal Dikirim ke WhatsApp? Awas Ketipu! Simak Dulu Cara Kerjanya

Jakarta, GPriority.co.id – Uji coba aturan baru terkait pengiriman surat tilang melalui WhatsApp, saat ini sedang dilakukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Hal ini dilaporkan langsung oleh Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Slamet Santoso.

Slamet mengatakan, uji coba ini masih di tahap awal dan belum diterapkan secara menyeluruh. Nantinya, Korlantas juga akan melakukan asesmen secara menyeluruh untuk mencegah penyalahgunaan. Hal ini sebagai langkah untuk mencegah tindak kejahatan penipuan yang menggunakan modus serupa.

Lebih lanjut, aturan ini akan diterapkan di Polda Metro Jaya terlebih dahulu. Tetapi jika hasil asesmennya positif, akan diterapkan secara nasional.

Sebelumnya, bagi pengemudi yang melanggar, akan dikirimkan surat tilang melalui PT Pos ke alamat pelanggar lalu lintas. Namun, belakangan juga terdapat penipuan yang menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp. Penipu mengirim dokumen berupa Android Package Kit, yang dapat meretas semua data pribadi milik pengguna. Sehingga hal ini merugikan banyak pihak.

Adapun untuk cara kerja dari surat tilang yang dikirim lewat WhatsApp, akan menggunakan Sistem Cakra Presisi yang mengirimkan notifikasi tilang melalui SMS, WhatsApp, serta surat elektronik. Berikut prosedurnya.

• Surat tilang akan dikirim ke nomor WhatsApp milik pelanggar lalu lintas. Surat tilang ini berisi foto bukti serta waktu pelanggaran terjadi.
• Pelanggar dapat memeriksa bukti pelanggaran dengan mengunjungi situs resmi https://etle-korlantas.info/id/.

Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi dari Polda Metro Jaya menegaskan bahwa nantinya format surat tilang yang dikirim via WhatsApp tidak akan berbentuk Android Package Kit (APK). Sehingga aman untuk diakses.

Masyarakat Indonesia diimbau juga untuk berhati-hati, karena yang akan mengirim surat tilang hanya beberapa nomor resmi berikut ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :
• 082333343250
• 085258869001
• 085258868990
• 082333343249
• 087817174000

Foto : Carro