Mengenal Maskot dan Cabor ASEAN Para Games XI 2022

Jakarta,GPriority.co.id – Kota Solo, Jawa Tengah resmi menggelar ASEAN Para Games ke-11 tahun ini. Kegiatan akan dilaksanakan pada 30 Juli-6 Agustus 2022. Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh pemerintah kota Solo bersama pihak keamanan, para volunteer dan masyarakat Solo.

ASEAN Para Games merupakan turnamen olahraga multicabang untuk penyandang disabilitas dari negara-negara ASEAN. Konsepnya sama seperti SEA Games, hanya saja terdapat penyesuaian pertandingan dan peraturan dari berbagai cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Gelaran ASEAN Para Games 2022 Solo juga membuat maskot sendiri. Maskot untuk edisi kali ini diperkenalkan sebagai Rajamala. Rajamala merupakan bagian dari Canthik Kapal Kyai Rajamala, salah satu saksi bisu kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah.

Rajamala digambarkan dengan wajah berwarna merah dan taring tajam, mata melotot, berambut tebal serta lebat. Lalu bagian yang mencolok adalah bentuk hidung yang menonjol disertai kumis tebal. Rajamala disimbolkan sebagai kekuatan untuk menolak bala atau aura negatif.

Perlu diketahui, ASEAN Para Games telah absen selama 3 tahun lantaran pandemi COVID-19. Turnamen berskala international ini akan kembali digelar tahun ini. Ini juga merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games.

Di tahun pertama tepatnya edisi ke-6 tahun 2011, ASEAN Para Games juga diadakan di Solo, Jawa Tengah. Namun sayang, kontingen Indonesia gagal menjadi juara umum setelah mengumpulkan total 113 medali. Kalah dari Thailand yang mengoleksi 126 medali.

Meski begitu, kontingen Indonesia masih berkesempatan untuk meraih gelar juara umum di ASEAN Para Games edisi kali ini dan menorehkan gelar back to back dari edisi sebelumnya. Berikut daftar cabor yang akan dipertandingkan di ASEAN Games 2022:

1. Bulu tangkis
2. Para Atletik
3. Para Renang
4. Para Tenis Meja
5. Catur Cabor
6. Angkat Beban
7. Boccia
8. Blind Judo
9. Goalball
10. Wheelchair Tennis
11. Panahan
12. CP Football (Cerebral Palsy Football)
13. Wheelchair Basketball
14. Sitting Voli. (Hn.)

Related posts