Menkes Buka Opsi 2 Merk Vaksin Covid-19 Aman untuk Anak-Anak

Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 pada anak membuat Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Kesehatan bergerak cepat.

Melalui siaran pers secara Virtual dari laman You Tube Sekretariat Presiden pada Jum’at (25/6/2021) Kementerian Kesehatan seperti diutarakan Menkes Budi Gunadi Sadikin sedang mengkaji opsi penggunaan vaksin Covid-19 bagi anak di bawah usia 18 tahun.

” Ada 2 vaksin yang kini tengah dipertimbangkan oleh Kemenkes yakni vaksin Sinovac asal China yang bisa digunakan untuk anak usia 3-17 tahun dan vaksin Pfizer asal Amerika Serikat yang bisa digunakan untuk anak usia 12-17 tahun,” jelas Menkes Budi.

Menurut Budi, ke-2 vaksin tersebut sebenarnya sudah digunakan oleh China dan juga Amerika. Dan hasilnya herd imunity pada anak di China dan Amerika meningkat. ” Berbekal alasan itulah Kemenkes dan juga Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) akan melakukan kajian,” tegas Budi.

Budi berharap kajian tersebut bisa cepat mendapatkan keputusan sehingga rencana pemberian vaksin bagi anak-anak dapat segera diputuskan.” Jujur saya, Presiden dan jajaran menteri prihatin dengan banyaknya kasus Covid-19 pada anak. Saya berharap setelah divaksin Covid-19 tidak lagi ada anak yang terpapar,” tutup Budi.(Hs.Foto.dok.Setkab)

Related posts