Menkes Terawan Agus Putranto: Deteksi Covid-19 Melalui Aplikasi SehatPedia

Jakarta,Gpriority-Dalam sesi wawancara khusus dengan Oxford Business Group pada Minggu, 20 September 2020, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (MenkesRI) Terawan Agus Putranto mengatakan Pemerintah Indonesia pada saat ini tengah berupaya keras memutus mata rantai Covid-19, salah satunya dengan membuat fitur COVID-19 pada aplikasi SehatPedia. “ Fitur ini dibuat untuk memberikan informasi kepada publik mengenai transmisi dan bahaya Covid-19,” ucap Menkes Terawan.

Tak hanya itu, SehatPedia seperti dituturkan Menkes Terawan juga menawarkan alat penilaian diri untuk memfasilitasi deteksi awal bagi masyarakat. Pemeriksaan ini menilai kemungkinan bahwa orang yang terinfeksi bisa terdeteksi melalui hasil rapid tes dan PCR yang tersedia di dalam aplikasi ini, sehingga pengguna aplikasi tersebut bisa segera melakukan tindakan yang tepat untuk menghubungi Satgas Covid-19 guna menjemput dirinya untuk melakukan isolasi.

Yang membuat fitur ini bertambah menarik adalah hadirnya fitur konsultasi dengan dokter secara gratis. Dengan adanya konsultasi ini maka masyarakat bisa mencari tahu apakah dirinya terkena Covid-19 dan juga penyakit lainnya. Menkes Terawan juga mengatakan bahwa di dalam aplikasi ini juga terdapat program Nusantara Sehat. Dengan hadirnya program ini maka pengiriman tim dokter, perawat, bidan, apoteker, sanitarian dan ahli gizi ke desa terpencil bisa terpantau.” Selain itu, dengan hadirnya Nusantara Sehat di aplikasi SehatPedia membuat pembangunan rumah sakit, puskesmas, puskesmas pembantu dan puskesmas terapung menjadi lebih terpantau,” ucap Menkes Terawan.

Menkes Terawan dalam wawancara tersebut juga mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia pada saat ini telah mengembangkan protokol perawatan kesehatan yang diperlukan untuk memastikan keselamatan pasien dan privasi pasien.” Pemerintah Indonesia telah membuat ekosistem digital inovatif yang mendukung sistem kesehatan sehingga menjadi andal, aman dan berkualitas tinggi. Kami berharap inovasi yang dihadirkan pemerintah bisa memutus mata rantai Covid-19 di Indonesia. Saya berpesan kepada masyarakat Indonesia agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak. Sebab segala upaya yang dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19 tidak akan berhasil jika masyarakatnya tidak mau diajak bekerjasama. Semoga Covid-19 bisa segera pergi dari Indonesia dan juga dunia,” ujar Menkes Terawan menutup sesi wawancara.(Hs)

Related posts