Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev: Teknologi Digital di Bidang Ekonomi Mampu Memajukan Sebuah Negara

TASHKENT,Gpriority.- Saat memimpin konferensi melalui video streaming terkait implementasi ekonomi digital dan e-government di industri dan wilayah Uzbekistan pada 23 September 2020, Presiden Shavkat Mirziyoyev mengatakan bahwa teknologi digital dengan cepat merambah semua bidang kehidupan manusia termasuk ekonomi.

” Negara-negara yang telah memulai jalur perkembangan digital pada waktu yang tepat bisa membuat kemajuan, sementara negara-negara yang bekerja dengan cara lama akan tertinggal. Untuk itulah kita akan mengikuti negara yang menggunakan jalur digital,” ucap Shavkat Mirziyoyev.

Seperti diketahui, 2020 telah dinyatakan sebagai tahunnya ilmu pengetahuan, pencerahan, dan perkembangan ekonomi digital di Uzbekistan. Untuk itulah secara khusus, pada 28 April, Presiden telah menandatangani resolusi tentang langkah-langkah pengenalan luas ekonomi digital dan pemerintahan elektronik/e-government kepada masyarakat.

“Kepala daerah dan industri harus menyadari bahwa tidak akan ada hasil dan pembangunan tanpa digitalisasi. Manajer di semua tingkatan harus mendefinisikan masalah ini sebagai tugas sehari-hari mereka, dan mempelajari secara menyeluruh bidang digitalisasi dari yang paling dasar,” kata Shavkat Mirziyoyev.

Ditegaskan bahwa pada akhir tahun ini, setiap pemimpin industri dan daerah harus melakukan perubahan radikal dalam ekonomi digital. Perubahan ini semestinya dirasakan masyarakat dalam mengurangi birokrasi dan korupsi, serta mempercepat pelayanan publik.

” Sebagai langkah awal, Kabupaten dan Kota Khokim akan menangani secara eksklusif masalah digitalisasi 2-3 hari sebulan. Aktivitas mereka akan dievaluasi berdasarkan tingkat digitalisasi yang dicapai di wilayah mereka. Manajer yang mencapai hasil yang patut dicontoh akan menerima bonus gaji hingga 30 persen,” tegas Shavkat Mirziyoyev.

Dalam konferensi tersebut, Shavkat Mirziyoyev juga mengatakan bahwa digitalisasi pertama kali harus dilakukan terhadap area yang paling sering dihadapi orang, dengan demikian membuat hidup lebih mudah bagi warga. “Berdasarkan persyaratan ini, kelompok kerja menyiapkan 530 proyek regional dan 280 proyek industri.Secara khusus, 239 proyek tentang digitalisasi perawatan kesehatan, kadaster, perlindungan sosial, pertanian, dan pendidikan akan dilaksanakan di 14 kabupaten pada akhir tahun ini dan di 14 kabupaten lagi pada kuartal pertama tahun depan,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Shavkat Mirziyoyev, penerapan sistem poliklinik elektronik atau e-polyclinic akan mengurangi dokumen di institusi medis hingga 40 persen, dan waktu tunggu dalam antrian hingga 60 persen. Untuk melakukan ini, perlu untuk sepenuhnya mendigitalkan rumah sakit dan klinik pusat. “Saat ini, catatan medis elektronik dan sistem informasi untuk rumah sakit dan ambulans sedang diperkenalkan di Tashkent. Tercatat bahwa solusi perangkat lunak ini akan diluncurkan tahun depan di wilayah Andijan, Namangan, Fergana, Jizzakh, Syrdarya, Surkhandarya, dan Khorezm. Ditekankan bahwa di semua daerah perlu diperkenalkan sistem e-diary, e-textbook dan evaluasi tenaga medis,” tegasnya.

Kementerian Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi juga telah diinstruksikan untuk sepenuhnya mendigitalkan lembaga sosial di 14 kabupaten serta selebihnya dibentuk model yang sesuai contoh mereka.

“Digitalisasi memberikan penghematan dan efisiensi di sektor ekonomi. Misalnya, sebagai hasil penerapan sistem untuk memantau muatan truk dalam lubang-lubang kerikil di distrik Toyloq dan Oqdaryo, pendapatan bulanan meningkat dari 3 menjadi 8 miliar UZS (Rp 4.3 miliar menjadi Rp 11.5 miliar),” ungkapnya.

Komite Pajak Negara juga ditugaskan untuk menghilangkan ekonomi bayangan dalam pengoperasian tambang, termasuk melalui pengenalan sistem elektronik untuk memantau penggalian, pemuatan, dan pergerakan peralatan.

“Tidak ada masa depan ekonomi tanpa ekonomi digital,” kata Shavkat Mirziyoyev.

Dalam tiga tahun ke depan, Shavkat Mirziyoyev merencanakan untuk melaksanakan 18 proyek digitalisasi di sektor migas dan energi, 12 proyek di bidang metalurgi, 9 di industri otomotif, 8 di industri kimia, dan 4 proyek di bidang pertambangan dan geologi.

” Pengembangan ini perlu dilakukan, agar negara bisa melakukan penghematan. Contohnya, berkat pengenalan layanan pengiriman otomatis di perusahaan industri minyak dan gas  Mubarek Plant and Shurtan Complex  dimungkinkan untuk menghemat 50 juta meter kubik gas dan 650 ribu kilowatt/jam listrik per tahun. Pabrik Otomotif Asaka dapat menghemat USD 41 juta dengan mendigitalkan logistik, membeli dan mengangkut bahan mentah dan komponen. Pengenalan sistem kontrol otomatis untuk kompleks transportasi di lapangan Yoshlik-1 dan Kalmakyr di Kompleks Metalurgi Pertambangan Almalyk adalah salah satu proyek yang menjanjikan. Ini akan memungkinkan untuk menghemat 28 miliar UZS (Rp 41.6 miliar) per tahun,” ucap Shavkat Mirziyoyev.

Agar keinginan tersebut terpenuhi, Shavkat Mirziyoyev telah mengidentifikasi siapa saja mereka yang bertanggung jawab atas semua proyek dan memberikan instruksi tentang pelaksanaan kualitatif dan tepat waktu serta alokasi dana yang dikumpulkan dari lembaga keuangan internasional.

” Berdasarkan hasil diskusi, maka saya meminta kepada Perdana Menteri dan wakilnya  untuk mengembangkan rencana digitalisasi industri dalam sepuluh hari sebelum akhir tahun ini dan tahun depan,” tutur Shavkat Mirziyoyev.

Pengenalan dan fungsi efektif ekonomi digital, seperti diketahui, bergantung pada para spesialis. Hal itupun disadari betul oleh Shavkat Mirziyoyev. Karena itu, ragam pelatihan teknologi terus digelar di negaranya.” Tahun lalu,  kami telah membangun Taman Produk Perangkat Lunak dan Teknologi Informasi di Tashkent. Tujuannya untuk pelatihan teknologi kepada masyarakat. Kami juga telah membuka cabangnya di Andijan dan Margilan. Cabang lainnya sedang diselenggarakan di Sekolah Teknologi Informasi Muhammad al-Khwarizmi di Tashkent. Direncanakan juga untuk membuka 205 sekolah dengan studi mendalam tentang teknologi informasi di Republik Karakalpakstan dan wilayahnya,” jelas Shavkat Mirziyoyev.

Tak cukup dengan pembangunan pusat pelatihan teknologi,  Shavkat Mirziyoyev juga telah menugaskan Menteri Pendidikan Umum dan Kementerian Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  untuk membuat 14 sekolah khusus tahun ini dan 82 sekolah semacamnya tahun depan.

“Pentingnya penerapan sistem nasional pelatihan dan sertifikasi guru teknologi informasi berdasarkan Tashkent University of Information Technology and IT Parks telah dicatat. Guru yang telah menerima sertifikat kualifikasi akan mendapatkan tunjangan gaji sebesar 50%. Guru sekolah yang siswanya telah berhasil menyelesaikan kursus satu juta programmer akan diberikan bonus,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Shavkat Mirziyoyev, “Masalah yang sedang dipertimbangkan saat ini adalah fondasi terpenting dari pekerjaan kami untuk pembangunan dan peningkatan kehidupan masyarakat. Untuk itulah semua kepala daerah dan industri harus menyadari hal ini, mengubah pandangan dunia dan mengemban tugas secara menyeluruh,”tegasnya.

 Shavkat Mirziyoyev dalam konferensi tersebut mengatakan bahwa  untuk mengatasi permasalahan tersebut, dirinya telah memberikan instruksi kepada Perdana Menteri  untuk memantau pelaksanaan langkah-langkah yang dibahas dalam konteks industri dan wilayah.(Hs)

Related posts