Menteri ATR/BPN Kebut Target 120 Juta Bidang Tanah Tersertifikasi hingga Akhir 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kebut target 120 juta bidang tanah untuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hingga saat ini, AHY menyebut sebanyak 113,5 juta bidang tanah telah terdaftar sertifikasi di Kementerian ATR/BPN.

“Secara nasional untuk program PTSL dari target 120 juta bidang tanah sampai akhir tahun 2024 Desember ini. Secara nasional kami sudah mencapai 113,5 juta bidang tanah yang kira-kira sudah terdaftar dan tentunya secara simultan kami juga lakukan sertifikasi,” kata AHY dikutip, Minggu (23/6).

Selain sertifikat, AHY juga mendorong tambahan anggaran kepada Kementerian Keuangan untuk mendukung tercapainya 120 juta bidang tanah tersertifikasi pada 2024.

Adapun AHY  turut menyerukan kepada masyarakat untuk mengurus sertifikat rumah dengan datang langsung tanpa perantara atau calo ke gerai atau kantor pertanahan yang ada di kabupaten/kota tanpa khawatir dipungut biaya.

“Untuk layanan itu, benar-benar dibebaskan dari biaya dan biaya pun masuk ke negara, kalau ada yang mengatasnamakan terus meminta uang segala macam itu berarti calo, calo yang belum tentu benar benar mengurus isu yang disampaikan oleh masyarakat,” tegasnya.

Dengan layanan Kantor Pertanahan yang lebih baik, ia mengatakan masyarakat dipastikan mendapatkan jalur yang tepat dengan pelayanan prima.

“Ini diberikan karpet merah. Artinya tanpa harus ada perantara dan biaya-biaya yang tidak perlu. Masyarakat dipersilakan, dengan senang hati kami membuka diri dan tentunya ingin melayani dengan sebaik baiknya, dengan itu masyarakat bisa memahami bahwa ATR/BPN ingin benar-benar melayani masyarakat dengan baik,” ucapnya.

Foto: Dimas A Putra/GPriority