Kadiskominfo Sultra Harap Implementasi TTE Ciptakan Tata Kelola Terukur

Kendari, GPriority.co.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo), Dr. M. Ridwan Badallah, S.Pd., MM berharap Implementasi Tanda Tangan Elektronik dan Pemanfaatan Sertifikat Elektronik mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih terukur, cepat, serta sesuai dengan perencanaan.

Hal ini disampaikan Ridwan Badallah saat membuka Sosialisasi Implementasi Tanda Tangan Elektronik dan Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Pada Instansi Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kota Kendari, yang dilaksanakan di Hotel Clarion Kendari, Kamis (20/6).

“Saya berharap dalam kegiatan sosialisasi implementasi tanda tangan elektronik dan pemanfaatan sertifikat elektronik pada instansi Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kota Kendari agar tercipta tata kelola pemerintahan yang dilakukan secara elektronik yang mampu menciptakan mekanisme tata kelola pemerintahan yang lebih terukur, cepat, serta sesuai dengan perencanaan” kata Ridwan Badallah dikutip laman resmi Pemprov Sultra, Minggu (23/6).

Menurut Ridwan Badallah, era Digitalisasi yang semakin berkembang, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) telah menjadi solusi untuk mempermudah proses administrasi dan pelayanan publik.

Adapun untuk menjamin keaslian penggunaan Tanda Tangan Digital, jaminan pihak ketiga terpercaya melalui sertifikat digital. Hal ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Kemudian, di tingkat Daerah TTE diatur pada Peraturan Gubernur (Pergub) Sulawesi Tenggara nomor 44 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik yaitu; Pemilik atau Pengguna Sertifikat Elektronik (Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda dan Kepala OPD.

“Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi landasan utama dalam implementasi SPBE, namun keamanan menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian dan kenirsangkalan sumberdaya terkait data dan informasi, infrastruktur SPBE, serta aplikasi SPBE,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan rapat kerja Sekretaris Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara pada Februari 2024 menekankan pentingnya penerapan teknologi informasi dalam meningkatkan efektivitas, validitas keamanan informasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan melalui pemanfaatan sertifikat elektronik tersertifikasi.

Layanan sertifikat elektronik SPBE yang dimiliki oleh BSSN memainkan peran kunci dalam memperkuat keamanan dan integritas data dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik sewilayah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Foto: Pemprov Sultra