Menteri PUPR dan Menko Marves Resmikan Pembangunan Tol Serang-Panimbang

Jakarta,GPriority.co.id – Dalam lawatannya ke Banten, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meresmikan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi 3 (Cileles-Panimbang) dengan groundbreaking.

Selain Menteri Basuki, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan juga turut hadir dalam peresmian pembangunan tersebut.

Acara ini berlangsung pada hari Senin, (8/8/2022) di ruas jalan Sp. Labuhan-Cibaliung STA 16+500, exit Tol Panimbang, sekitar 13 km dari gerbang masuk Tanjung Lesung.

Proyek pembangunan tol ini merupakan bentuk Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan pembagian kerja 50km oleh badan usaha dan 33km oleh pemerintah.

Berdasarkan laporan dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol, salah satu proyek strategis nasional ini akan terdiri dari tiga Seksi. Seksi 1 (Serang-Rangkasbitung) diperkirakan sepanjang 26,5 km.

Seksi 2 (Rangkasbitung-Cileles) sepanjang 24,17 km, dan Seksi 3 (Cileles-Panimbang) sepanjang 33 km. Adapun total pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang adalah 83,67 km dan ditargetkan bisa beroperasi penuh pada 2024.

Jalan Tol Serang-Panimbang nantinya akan memudahkan konektivitas pengguna jalan dengan memangkas waktu tempuh dari Jakarta yang tadinya 4-5 jam hanya menjadi 2-3 jam.

Pembangunan proyek strategis nasional ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan mendukung ikon pariwisata di Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEE) seperti Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon. (Hn.PUPR)

Related posts