Parade Merek Lokal Indonesia di HBDI 2019

Jakarta,Gpriority-Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang digelar Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) kembali digelar pada 16-31 Agustus.

Hadirnya HBDI mendapat sambutan yang sangat positif dari Kementerian termasuk Kementerian Perdagangan, Kominfo, Kemenpar dan juga Bekraf. ” Kominfo,Bekraf dan Kemendag mendukung penuh HBD ini. Saya yakin hadirnya acara ini bisa mengangkat perekonomian Indonesia,” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat jumpa pers HBDI di Auditorium Kemendag, Kamis (25/7).

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan HBDI merupakan acara tahunan HIPPINDO yang diluncurkan pertama kali pada 2017 sebagai kegiatan tahunan Indonesia Great Sale. Kegiatan HBDI kedua telah berlangsung secara nasional dan dipusatkan di Palembang bertepatan dengan perayaan ASIAN Games 2018 pada 8 Agustus—2 September 2018. Selanjutnya, HBDI ketiga akan berlangsung secara nasional pada 16—31 Agustus 2019.

HBDI rencananya akan dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 15 Agustus 2019 di Senayan City, Jakarta. Pada acara pembukaan tersebut, akan diselenggarakan Parade Merek Lokal Indonesia 2019 yang akan menampilkan produk-produk dari berbagai merek Indonesia yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian dan pendapatan devisa negara.

Menurut Srie, kegiatan HBDI diharapkan dapat meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan, dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia.

Selain itu, HBDI dapatdimanfaatkan untuk menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo mengungkapkan, dalam acara ini, bukan hanya peritel yang terlibat, melainkan juga industri pendukung ritel lainnya, seperti produsen, pemasok, dan distributor.

“Setiap sektor yang terlibat merupakan bagian untuk mengembangkan merek lokal Indonesia di negeri sendiri, maupun untuk tujuan ekspor,” tandasnya.

Fetty Kwartati Ketua Panitia HBDI 2019 menambahkan acara ini merupakan bentuk sebuah perayaan Hari Kemerdekaan.

“HBDI 2019 yang bertepatan dengan hari ulang tahun RI ke-74 akan memberikan aneka promo istimewa bernuansa 74, seperti diskon hingga 74 persen, harga khusus untuk produk tertentu seharga Rp74.000, promo bagi mereka yang berusia 74 tahun, dan masih banyak lagi,”ungkapnya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, tema HBDI tahun ini yakni “Merah Putih Fun Pesta Diskon Persatukan Bangsa” dilatarbelakangi semangat nasionalisme, semboyan bangsa ‘Bhineka Tunggal Ika’, sekaligus upaya mewujudkan persatuan di antara keragaman di negeri ini.

“Untuk itu, pada HBDI 2019, para peritel akan memberikan promo tambahan konsumen yang menggunakan atribut merah putih pada 17 Agustus 2019. Atribut merah putih tersebut dapat berupa pakaian, aksesori yang dikenakan atau pun dibawa saat berbelanja,” imbuhnya.

Selain beragam promosi menarik di HBD 2019, akan dilangsungkan forum diskusi “Indonesian Brands Go Global”. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program “Aku Cinta Produk Indonesia” yang digalakkan Kementerian Perdagangan sekaligus menunjang program Visit Wonderful Indonesia (ViWI) yang dijalankan Kementerian Pariwisata.(Hs.foto:Hs)

Related posts