Inflasi Turun Berkat Kerjasama Pemerintah Pusat, Daerah dan BI

Jakarta, Gpriority-“Kehadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara ini menjadi bukti bahwa pemerintah pusat ingin mewujudkan inflasi yang rendah dan stabil,” ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Sebagaimana kepres no. 23 tahun 2017 tentang tim pengendalian inflasi nasional. Tim Pengendali Inflasi (TPIP) Pusat diketuai oleh Menko Perekonomian bersama Gubernur BI dan wakil yang menjabat adalah kemendagri dan kemenkeu.Pada tingkat daerah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) diketuai oleh kepala daerah masing-masing.

Terkait dengan ekonomi, Darmin mengatakan, pertumbuhan ekonomi indonesia meningkat walaupun tidak termasuk tinggi. 2018 pertumbujan 5,17 persen, pada triwulan 1 tahun 2019 berada di angka 5.19 persen. Pertumbuhan ini juga diiringi dengan penurunan tingkat kemiskinan, pengangguran, ketimpangan, serta stabilitas.

Untuk masalah Inflasi, Darmin mengatakan terjadi penurunan pada 2018 mencapai 3,28 persen. ” Pencapaian tersebut masih dalam rentang nasional 3,5 persen,” ujar Darmin.
Meskipun inflasi 2018 masih terjaga, namun secara spasial terdapat beberapa daerah yang inflasinya masih terdapat di bawah sasaran nasional.

Terjadinya realisasi inflasi tidak terlepas dari kerjasama pusat, daerah dan BI melalui komunikasi serta kelancaran distribusi

Diadakannya acara Rakornas TPID juga bertujuan agar Seluruh kepala daerah memperhatikan pertumbuhan dan indikasi penekanan inflasi dan mempermudah perijinan perusahaan yang bersifat ekspor.(Hs)

Related posts