Parepare Peringkat Pertama, Keterbukaan Informasi Badan Publik 2020 Provinsi Sulsel

MAKASSAR, Gpriority — Kota Parepare meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2020, peringkat pertama Menuju Informatif kategori Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota di Susel.

Penghargaan diberikan Komisi Informasi Sulsel dan diserahkan Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah kepada Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe pada Malam Anugerah Pemeringkatan Informasi Publik di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Sabtu malam, 5 Desember 2020.

Bagi Kota Parepare, prestasi ini bukan hal baru, pada kompetisi yang sama ditahun tahun sebelumnya, Parepare sudah masuk 5 besar. penghargaan keterbukaan informasi publik di Sulsel terus meningkat setiap tahun. Di 2017 peringkat 4, 2018 peringkat 4, 2019 peringkat 2, dan di 2020 ini melejit menjadi peringkat 1.

Ini menjadikan penghargaan ke-176 yang diukir Wali Kota Taufan Pawe untuk Parepare.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengapresiasi tinggi perolehan penghargaan Parepare dan daerah lainnya di ajang ini. Secara khusus Nurdin Abdullah mengapresiasi Komisi Informasi Sulsel yang konsisten melakukan monitoring dan evaluasi yang bertujuan mengukur keterbukaaan informasi di Sulsel. Semakin terbukanya informasi publik, kata Nurdin, menunjukkan pengelolaan pemerintahan semakin transparan dan bersih pelayanannya.

“Zaman sekarang bukan lagi era kita menutup-tutupi informasi. Sekarang era di mana informasi bisa didapatkan dengan mudah, kapan saja dan di mana saja. Saya juga mengapresiasi Bulukumba yang menginisiasi terbentuknya Komisi Informasi di daerah. Saya yakin berikutnya Kota Parepare,” ungkap Nurdin.

Nurdin berharap, seluruh kabupaten/kota bisa membentuk Komisi Informasi. Itu karena Komisi Informasi merupakan mitra strategis pemerintah dalam membantu dan memonitoring informasi.

Wali Kota Taufan Pawe,.mengatakan, penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Parepare merupakan bukti, pemerintah telah menjalankan keterbukaan informasi seperti yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Malam ini kita membuktikan Pemerintah Kota Parepare bergerak dan memberikan hak-hak masyarakat atas informasi,” kata Wali Kota dua periode ini.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini juga menyetujui keinginan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah untuk membentuk Komisi Informasi di Parepare. Taufan Pawe memerintahkan Sekda Parepare H Iwan Asaad untuk segera berkoordinasi dengan Komisi Informasi Sulsel terkait pembentukan Komisi Informasi di Parepare.

“Kita segera wujudkan harapan Pak Gubernur. bagaimana pun Parepare sudah menjadi barometer kemajuan daerah di Sulsel,” tegas Wakil Ketua Informasi, Advokasi, dan Hukum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ini.

Menerima penghargaan ini, hadir mendampingi Wali Kota Taufan Pawe, Sekda Parepare H Iwan Asaad, Asisten I Hj Amina Amin, Asisten II Suriani, Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Kepala Dinas Kominfo HM Iskandar Nusu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Arwah Rahman, dan jajaran Dinas Kominfo Parepare.

Di ajang ini, Parepare berhasil meraih peringkat pertama dari 10 daerah yang masuk nominasi. Sementara peringkat kedua ditempati Luwu Utara, selanjutnya Sinjai peringkat 3, Bone peringkat 4, dan 5 Bantaeng. (Ae)

Related posts