Peluang Timnas Basket Indonesia ke FIBA World Cup 2023 Terbuka

Jakarta, Gpriority.co.id – Timnas basket Indonesia sukses meraih kemenangan pertamanya dalam ajang FIBA Asia Cup 2022. Dengan kemenangan ini, Indonesia mempunyai peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) 2023.

Marques Bolden, pemain naturalisasi Indonesia asal Amerika Serikat menjadi pemain kunci kemenangan Timnas Basket atas Arab Saudi di Istora Senayan pada Selasa (12/7). Bolden tampil ciamik dengan mencatatkan double-double (32 poin dan 16 rebound). Indonesia sendiri menurunkan pemain terbaiknya selain Bolden dalam kesempatan ini seperti Derrick Michael Xzavierro, Andakara Prastawa Dhyaksa, Abraham Damar Grahita, Brandon van Dorn Jawato, Vincent Rivaldi Kosasih hingga Arki Dikania Wisnu.

Pada kuarter pertama Indonesia unggul 18-13 atas Arab Saudi. Sementara pada kuarter kedua, Indonesia menutup pertandingan dengan skor 44-30. Pada awal kuarter ketiga Timnas basket Indonesia kembali melanjutkan permainan agresifnya. Hasilnya, Abraham Damar Grahita membuat buzzer beater yang membuat Merah Putih unggul 61-45. Hasil manis itu menutup kuarter ketiga. Sementara di kuarter keempat, Arab Saudi yang telah tertinggal jauh mencoba meningkatkan tekanan. Tetapi disiplinnya pemain Indonesia membuat Arab Saudi kesulitan mendekati ring dan hanya mengandalkan tembakan dari jarak jauh yang kurang efektif menciptakan poin. Kuarter terakhir tersebut ditutup Indonesia dengan skor 80-54.

Skor menohok Indonesia versus Arab Saudi itu merupakan kebahagian tersendiri mengingat dalam persiapan Timnas Basket dalam FIBA Asia Cup diwarnai oleh mundurnya Rajko Toroman dari kursi pelatih. Kini Milos Pejic yang menduduki kursi arsitek Timnas Basket Indonesia. Apalagi dalam dua pertemuan dengan Arab Saudi sebelumnya Indonesia mengalami kekalahan pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2023.

Ketika itu dalam pertemuan pertama pada 24 Februari 2021 takluk 66-95, sementara dalam pertemuan kedua di Jakarta kalah tipis 67-69. Berkat kemenangan di Istora Senayan dalam ajang FIBA Asia Cup 2022 ini Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia Basket 2023. Timnas hanya butuh satu kemenangan saat melawan Yordania yang berlangsung Kamis (14/7).

Indonesia sendiri memang menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 namun tetap harus berjuang untuk mendapatkan tiket untuk tampil dalam ajang itu. Gelaran FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung 12-24 Juli 2022 di Indonesia pun menjadi jalan menuju ke FIBA World Cup 2023. Dalam FIBA Asia Cup 2022 Indonesia masuk dalam Grup A bersama Arab Saudi, Yordania dan Australia. Jika ditotal terdapat 16 Tim yang ikut dalam FIBA Asia Cup kali ini dengan empat grup berisi empat tim. Agar dapat berlaga di FIBA World Cup 2023, Indonesia minimal harus bisa lolos ke babak perempat final di FIBA Asia Cup 2022. (PS)

Related posts