Pemkab Fakfak Lakukan Evaluasi Program Kerja ‘Wewowo Lestari’,Bahas Target Tahun 2024

Bali, GPriority.co.id – Pemerintah Kabupaten Fakfak menghadiri acara pertemuan, dalam rangka membahas kerangka acuan kerja program ‘Wewowo Lestari’, pada Selasa (23/1) di Primw Plaza Sanur, Bali.

Pertemuan ini memiliki beberapa tujuan. Diantaranya, pemaparan capaian program ‘Wewowo Lestari’ pada tahun 2023, update dan rencana tidak lanjut kelompok kerja ‘Wewowo Lestari’, serta membahas target pencapaian program ini di tahun 2024.

Bersama dengan kelompok kerja, program ‘Wewowo Lestari’ dilakukan dengan pendekatan yurisdiksi. Pendekatan ini melibatkan multi-pihak, yang dipimpin oleh pemerintah daerah dalam menargetkan keberlanjutan yang ingin dicapai dalam satu kabupaten.

Sebelumnya, telah dibentuk beberapa kelompok kerja di Fakfak. Tujuannya adalah untuk membahas topik khusus termasuk Kelompok Kerja Produksi Pala Berkelanjutan dan Kelompok Kerja Pengakuan Hak Masyarakat Adat.

Terdapat 3 pilar yang diusulkan dalam pendekatan yuridiksi Kabupaten Fakfak. 3 pilar tersebut meliputi perlindungan hutan alam, pengakuan hak masyarakat adat, serta komoditas dan pasar (multi-komoditas).

Beberapa program yang telah dikerjakan, diantaranya adalah program perikanan dan akuakultur berkelanjutan, wisata alam dan energi terbarukan yang dilakukan oleh organisasi non-pemerintah EcoNusa, The Asia Foundation dan Yayasan Konservasi Indonesia.

Ada juga Kaleka (sebelumnya bernama Inobu) yang bekerjasama dengan AKAPe untuk meningkatkan mata pencaharian petani pala melalui sejumlah pelatihan teknologi pasca panen, pemetaan wilayah masyarakat hukum adat dan dokumentasi peraturan adat pengelolaan sumber daya alam, serta studi komoditas laut seperti kepiting dan rumput laut.

Untuk mewujudkan visi bersama dalam membangun Kabupaten Fakfak, dibutuhkan keterlibatan dari pemerintah daerah, petani dan masyarakat lokal, sektor wisata, akademisi, serta NGOs.

Kegiatan kerangka acuan kerja program ‘Wewowo Lestari’ ini, turut dihadiri oleh Bupati Fakfak (Untung Tamsil,S.Sos, M.Si), Sekretaris Daerah Fakfak (Sulaiman Uswanas), serta perwakilan Kaleka.

Foto : Pemkab Fakfak