Menhub Imbau Sekolah Transportasi Agar Konsisten Cetak Lulusan Berkualitas

Jakarta, GPriority.co.id – Demi menciptakan SDM yang unggul di dunia transportasi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meminta agar setiap pengelola sekolah transportasi di Tanah Air, dapat konsisten untuk menciptakan lulusan berkualitas.

Menurut Budi, beberapa program yang bisa digerakkan untuk mencetak lulusan yang berkualitas adalah dengan peningkatan keterampilan bahasa asing dan penginkatan sarana kualitas pendidikan.

“Di dunia pendidikan, kami juga ditugaskan untuk mencetak anak-anak didik yang unggul dan mampu berkompetisi secara global,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi juga menyebut STIP sebagai salah satu sekolah transportasi yang diandalkan untuk meluluskan para taruna pelaut yang unggul di dunia kerja.

Namun, Menhub budi juga mengimbau agar tidak cepat puas, karena secara internasional, negara Filipina dan India masih lebih unggul dari segi kuantitas dan kualitas.

Menhub budi juga mendorong agar sekolah transportasi dapat terus berupaya dalam meningkatkan kualitas SDM transportasi di Indonesia.

Untuk STIP Jakarta di bawah naungan Kemenhub, menjanjikan lulusannya bisa langsung menjadi PNS. Di tahun 2023, biaya persemesternya mencapai Rp34 Juta.

Total biaya tersebut mencakup biaya semester, buku dan modul, perlengkapan dinas taruna, perlengkapan asrama, makan, pencucian, asuransi, madatukar dan perpustakaan.

Foto : BRIEF