Pemkot Tarakan Bakal Siapkan Mobil Pengantin Gratis bagi Warga Kurang Mampu

GPRIORITY, TARAKAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan menyiapkan mobil khusus pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di Mal Pelayanan Publik (MPP), Jalan Mulwarman.

Selain antar jemput secara gratis, pengantin dari kalangan warga kurang mampu juga diperbolehkan untuk melakukan ijab kabul di MPP.

“Meskipun mobil bekas kalau dihias layaknya mobil pengantin juga akan indah. Tetapi itu belum terkabul sampai sekarang. Insya Allah kami upayakan tetapi tidak tahun ini karena anggaran sudah jalan,” ucap Wali Kota Tarakan, Khairul, Selasa (22/06/2021).

Lebih lanjut Khairul sampaikan, mobil gratis tersebut, bisa dipinjam oleh pasangan pengantin untuk melakukan antar jemput dari rumah hingga ke MPP.

Hal itu dilakukan, karena selama ini masih ada masyarakat yang terpaksa menyewa angkutan umum untuk bisa melangsungkan pernikahan di MPP.

“Bisa dipinjam oleh calon pengantin yang akan kawin di MPP. Tidak boleh di luar. Karena kalau di luar berartikan orang mampu dong. Ini dikhususkan yang menikah di MPP. Rencana sudah ada, kami upayakan supaya mereka itu bisa lebih terhormat karena ada yang datang seadanya. Ini masih sekadar wacana, tetapi pernikahan sudah digratiskan kalau tempatnya, tapi secara administrasi nikah tetap dengan Kementerian Agama,” ungkapnya.

Di MPP juga dilengkapi pelaminan yang bisa digunakan secara gratis bagi warga yang ingin melangsungkan pernikahan di sana.

Tetapi hanya boleh digunakan untuk proses ijab kabul bukan untuk resepsi pernikahan.

“Untuk pernikahan tempatnya juga lebih luas, disana juga ada outlet Kementerian Agama sehingga kalau ada yang mau tanya-tanya soal nikah, waris, nasihat perkawinan dan segala macam bisa disitu. Untuk sementara KUA Tarakan Tengah yang ada di sana karena kantor KUA Tarakan Tengah sedang dalam proses pembangunan. Tetapi nantinya disana tetap diberikan pelayanan nikah,” tutupnya. (FBI)

Related posts