Perayaan Hari Idul Adha


Bagi umat Islam, selain Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha juga merupakan hari besar keagamaan yang selalu dinantikan. Waktu yang bertepatan dengan datangnya musim haji ini menjadi momen menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama.

Hari Raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjal, dilakukan dengan cara melaksanakan sholat ied dan menyembelih hewan kurban berupa sapi, kambing, atau domba. Hewan kurban tersebut diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu. Tahun ini Hari Raya Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Idul Adha dimaknai sebagai hari besar untuk memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail oleh ayahnya sendiri yaitu Nabi Ibrahim. Selain itu, umat Islam juga memaknai hari ini sebagai tanda puncaknya ritual ibadah haji di Mekkah. Namun sebenarnya, ibadah Idul Adha tidak hanya penyembelihan hewan kurban dan ibadah haji. Ada banyak makna serta hikmah lainnya yang dapat diambil dari Hari Raya Idul Adha.

Selain ibadah kurban dan haji, perayaan Hari Raya Idul Adha juga berarti semangat berbagi untuk sesama, memberikan pengorbanan, memberikan keikhlasan, mendekatkan diri kepada Allah SWT, silaturahmi, dan menyadari bahwa segalanya milik Allah SWT. (VIA)

Related posts