#PesonaMudik2019 Yang diluncurkan Kemenpar Membantu Para Pemudik

Jakarta,Gpriority-Balairung Soesilo Soedarman,Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat pada Selasa sore (21/5) nampak terlihat ramai. Sebab pada Selasa Sore, Kemenpar menggelar buka puasa bersama sekaligus peluncuran Pesona Mudik 2019.

Dijelaskan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, peluncuran gerakan #PesonaMudik2019 untuk menyambut mudik lebaran 2019 serta libur hari raya Idul Fitri 1440 H. “Untuk itulah program ini memiliki beberapa kegiatan yaitu Lomba Foto lnstagram #PesonaMudik2019. lnfo 10 Top Kuliner dan IO Destinasi Mudik serta Pesona Mudik 2019 Co Branding,” ucap Menpar Arief Yahya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Program Pesona Mudik 2019 merupakan upaya untuk meningkatkan minat masyarakat berwisata sekaligus perwujudan dari penerapan prinsip “Industry Lead Government Support’ di mana pemerintah berperan dalam mendukung dan memfasilitasi bisnis di sektor pariwisata Indonesia.

“Bentuk kerja sama antara pelaku industri dan Kemenpar ini merupakan langkah untuk mendongkrak ekuitas merek di pasar global dan domestik,” ujar Menpar Arief Yahya

Menpar Arief juga menjelaskan tahun ini Kemenpar juga mengadakan lomba Foto lnstagram #PesonaMudik2019 untuk kaum milenial. ” Dengan mengikuti lomba ini mereka dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran.” jelas Menpar.

” Pada 2019, diperkirakan ada sekitar lebih dari 20 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Melalui program tahunan ini, para “Mudikers” bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang tempat wisata dan kuliner di daerahnya melalui media digital. Di sisi lain, kegiatan mudik juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi daerah melalui berbagai aktivitas wisata,”tegas Menpar Arief.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani mengatakan, “Dalam pariwisata, peristiwa mudik lebaran termasuk dalam aktivitas pariwisata. Ini berarti akan ada pergerakan orang, dan juga terjadi pergerakan uang yang bisa mendorong pertumbuhan pariwisata daerah.Pernyataan ini juga didukung oleh Bank Indonesia yang mengestimasikan akan ada perputaran uang hingga Rp200 triliun selama sebelas hari masa liburan dengan asumsi per orang menghabiskan sekitar Rp10 juta.”

Teuku Wisnu yang hadir dalam acara tersebut menyambut baik hadirnya #PesonaMudik2019 yang dibuat Kemenpar karena mampu membantu pemudik ketika mencari destinasi pariwisata maupun oleh-oleh.

Kegiatan jumpa pers Pesona Mudik 2019 ini juga turut diramaikan oleh 18 mitra co-branding dari Kemenpar. Dari 18 mitra co-branding tersebut, terdapat delapan brand oleh-oleh artis seperti Bogor Raincake, Bandung Kunafe, Cirebon Kunamon, Gigi Eat Cake, Savana Cake, Cirebon Kelana, Toba Medan, dan Malang Strudel.

“Program Pesona Mudik Lebaran ini merupakan bentuk co-creation dalam kerja sama co-branding, khususnya brand oleh-oleh artis entrepreneur. Beberapa program di antaranya adalah aktivasi kampanye di media sosial, bazar pesona mudik, dan program promo “hot deals” produk oleh-oleh artis yang didukung mitra co-branding lainnya,” jelas Ketua Tim Co-branding Kemenpar Priyantono Rudito.

Sedangkan sepuluh brand lainnya terdiri dari mitra co-branding Kemenpar seperti, BRI, Grab, Bluebird, Telkomsel, Traveloka, Tiket.com, Hydro Coco, Rumah Zakat, Gofress, dan Batik Trusmi.(Hs.Foto:Hs)

Related posts