Program Kurban Berkah 2024 Milik Baznas Salurkan 5.108 Kambing dan Domba

Jakarta, GPriority.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan sebanyak 5.108 ekor hewan kurban berupa kambing dan domba lewat Program Kurban Berkah Baznas 2024.

Seluruh hewan kurban tersebut direncanakan akan dipotong di berbagai wilayah di Indonesia. Baznas masih menerima hewan kurban hingga tanggal 11-12 Zulhijah, atau pada hari tasyrik.

“Melalui Kurban Berkah Baznas 2024 ini, Baznas juga memfasilitasi kurban untuk masyarakat Palestina, dan kurban di daerah bencana. Selain itu, Program Kurban Berkah Baznas juga akan dibagikan kepada mereka yang mengalami stunting dan kemiskinan ekstrem di daerah-daerah terpencil dan terluar,” kata Pimpinan Baznas Bidang SDM, Keuangan dan Umum Baznas, Nur Chamdani, dalam keterangan di Jakarta, Senin (17/6).

Nur Chamdani menjelaskan bahwa tahun ini Baznas pusat menargetkan penghimpunan Kurban Berkah Baznas 2024 mencapai 7.000 ekor setara domba atau kambing.

Daging kurban akan disalurkan dalam berbagai bentuk, seperti daging sapi atau domba segar, serta daging sapi olahan yang dikalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch. Distribusi akan mencakup 34 provinsi di seluruh Indonesia dan juga luar negeri.

Nur Chamdani juga menekankan bahwa Baznas akan memastikan penyaluran yang tepat sasaran sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar’i, Aman Regulasi, Aman NKRI.Ketua Baznas RI, Noor Achmad, mengucapkan terima kasih kepada para pemberi kurban yang telah menitipkan kurbannya melalui Baznas.

“Kami sangat yakin dari apa yang bapak ibu sampaikan akan mendapatkan pahala yang tak terhingga dari Allah SWT,” katanya.

Noor Achmad mengatakan program Kurban Berkah Baznas tahun ini berjalan cukup sukses karena manfaatnya dirasakan oleh banyak pihak, mulai dari pemberi kurban, penerima kurban, hingga para peternak kurban.

“Kurban kali ini alhamdulillah kita cukup berhasil, kami mengucapkan terima kasih kepada para panitia Kurban Berkah Baznas yang telah luar biasa bekerja, kepada para pimpinan, para mudohi juga para mustahik yang telah mempercayakan kepada Baznas,” katanya.

Baznas juga mengucapkan terima kasih kepada balai-balai ternak yang bekerja sama dalam program ini.

Ke depan, Baznas berharap seluruh pihak tersebut dapat terus menjadi mitra yang bekerja sama dalam menyiapkan hewan kurban yang baik, serta memfasilitasi para pemberi kurban yang ingin menitipkan kurbannya ke Baznas.

Foto: Baznas