Puan Maharani Minta Pemerintah Sampaikan Evaluasi PPKM Darurat

Terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang akan di perpanjang Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta pemerintah menyampaikan hasil evaluasi PPKM Darurat 3-20 Juli 2021. Menurut Puan, hasil evaluasi ini penting diketahui masyarakat sebagai pihak yang merasakan dampak  kebijakan ini. Pemerintah harus menentukan langkah ke depan PPKM Darurat yang berakhir 20 Juli, sehingga masyarakat ada gambaran dalam merencanakan aktifitasnya. 
 
Dalam siaran pers DPR RI, Sabtu (17/7/2021), Puan mengatakan, setelah pemerintah menyampaikan kekurangan PPKM Darurat periode pertama, barulah pemerintah mengumumkan perpanjangannya. Pengumuman perpanjangan tersebut harus disertai alasan yang bisa diterima masyarakat.

 
Menurut Puan, hal yang paling keusial agar PPKM Darurat berjalan dengan efektif adalah membangun komunikasi dan kepercayaan yang baik antara pemerintah dan masyarakat.
 
“Perlu membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Bahwa ada dampak nyata  PPKM Darurat ini meski kasus masih fluktuatif. Hal ini akan meningkatkan kepatuhan masyarakat selama PPKM darurat termasuk perpanjangannya,” ujar ketua DPR RI ini.

Selain itu, menurut Puan, pemerintah juga harus menjelaskan langkah-langkah PPKM Darurat berikutnya. Puan juga menyoroti, masih rendahnya serapan anggaran penanganan Covid-19. Menurut politisi PDI-Perjuangan itu, hal tersebut tidak sepatutnya terjadi ketika keselamatan rakyat benar-benar menjadi landasan gerak para pemangku kebijakan.(Sof.foto.istimewa)

Related posts