Rakyat Azerbaijan Merayakan 30 Tahun Kemerdekaan dengan Kesuksesan Besar

Tanggal 18 Oktober merupakan peringatan ketiga puluh tahun pemulihan kemerdekaan Republik Azerbaijan.

Kemerdekaan Azerbaijan adalah kekayaan besar dan sumber kebanggaan bagi setiap masyarakat Azerbaijan yang tinggal di berbagai belahan dunia.
Pembentukan republik demokratik sekuler pertama di dunia Timur pada tahun 1918 – Republik Demokratik Azerbaijan – adalah peristiwa bersejarah yang besar. Meskipun republik ini hanya bertahan selama 23 bulan, namun pembentukan negara Muslim pertama yang merdeka, demokratis, dan sekuler di Timur merupakan pencapaian bersejarah yang sangat penting.

Usai runtuhnya Republik Demokratik Azerbaijan, masa pemerintahan Uni Soviet dimulai di Azerbaijan. Meskipun Azerbaijan merupakan republik persatuan didalam Uni Soviet, program skala besar yang dilaksanakan oleh negarawan terkemuka, Heydar Aliyev sejak tahun 1970-an telah menciptakan kondisi pembentukan potensi ekonomi modern, kebangkitan kehidupan sosial budaya, kebangkitan nasional dan nilai-nilai spiritual. Fondasi tersebut telah diletakkan untuk kemerdekaan Azerbaijan di masa yang akan datang.

Runtuhnya Uni Soviet menjadikan Azerbaijan, sama seperti semua republik lainnya dalam Uni Soviet, mendapatkan hak untuk memperoleh kemerdekaannya. Dengan diadopsinya “Undang-Undang Konstitusi tentang Kemerdekaan Republik Azerbaijan” pada tanggal 18 Oktober 1991, Azerbaijan menyatakan dirinya sebagai penerus yang sah dari Republik Demokratik Azerbaijan dan menyerahkan kemerdekaan negaranya kepada masyarakat internasional. Bendera, lagu kebangsaan dan lambang negara Republik Demokratik Azerbaijan diadopsi sebagai atribut negara, dan hari pembentukan Azerbaijan, yakni pada tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Republik.

Kemerdekaan Azerbaijan segera diakui oleh masyarakat dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjadi subjek hukum internasional. Namun, anarki, kekacauan dan perang di Armenia, yang dimulai pada tahun-tahun awal kemerdekaan sebagai akibat dari klaim tanah yang tidak berdasar atas wilayah Azerbaijan, mengancam kekuatan Azerbaijan di kancah internasional sebagai negara merdeka.

Kemerdekaan negara Azerbaijan segera diakui oleh masyarakat dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjadi subjek hukum internasional. Namun, anarki, kekacauan dan perang di Armenia, yang dimulai pada tahun-tahun awal kemerdekaan sebagai akibat dari klaim tanah yang tidak berdasar atas Azerbaijan, mengancam akan memperkuat posisi Azerbaijan di arena internasional sebagai negara merdeka.

Pada tahun 1993, masyarakat Azerbaijan meminta Heydar Aliyev untuk naik ke kekuasaan politik guna menyelamatkan masyarakat Azerbaijan dari situasi yang sulit. Atas desakan rakyat, Heydar Aliyev tiba di Baku dan melakukan upaya besar untuk menyelamatkan negara dari ancaman kehancuran.

Mempertahankan kemerdekaan Azerbaijan, penguatan hubungan internasional, penciptaan persatuan dunia Azerbaijan adalah salah satu jasa terbesar Heydar Aliyev kepada rakyat Azerbaijan.
Gagasan tentang negara merdeka diusung oleh Heydar Aliyev, yang sekaligus merupakan tanggung jawab besar kepemimpinan dalam sejarah Azerbaijan. Penerapan ideologi dan bagian integralnya merupakan fondasi yang mengantarkan Azerbaijan hingga saat ini, sebagai negara yang terus berkembang.

Pemimpin Nasional Heydar Aliyev membuat sejumlah peristiwa penting dalam sejarah Azerbaijan yang membuat kemerdekaan Azerbaijan menjadi tetap stabil. “Contract of the Century” yang ditandatangani pada tahun 1994 membuka peluang yang luas untuk menerapkan strategi minyak Azerbaijan dan memastikan keberhasilan pelaksanaan proyek-proyek skala besar di Laut Kaspia.

Dengan penerapan Konstitusi pada tahun 1995, Azerbaijan telah membentuk dasar hukum yang diperlukan untuk membangun negara. Selama bertahun-tahun, proses pembangunan di Azerbaijan telah berhasil dilaksanakan dalam berbagai aspek.
Hari ini, langkah-langkah yang diambil oleh Presiden Ilham Aliyev untuk mengintegrasikan Azerbaijan ke dalam komunitas dunia sangat dihargai di komunitas internasional. Proyek-proyek ekonomi skala besar berturut-turut dan Perang Patriotik mengubah Azerbaijan menjadi negara yang berpengaruh tidak hanya di kawasan itu, tetapi juga di dunia. Implementasi pipa minyak Baku-Tbilisi-Ceyhan, pipa gas Baku-Tbilisi-Erzurum, proyek TAP, pembangunan rel kereta api Baku-Tbilisi-Kars, pelabuhan perdagangan laut Baku dan proyek infrastruktur besar lainnya menjadi faktor penentu dalam perkembangan Azerbaijan, sekaligus integrasi ke dalam ekonomi dunia.

Saat ini, Azerbaijan berhasil mencapai stabilitas politik. Sebagai hasil dari reformasi sosial-ekonomi yang berhasil, kondisi yang menguntungkan telah diciptakan bagi investor asing. Terlepas dari kenyataan bahwa hanya 30 tahun telah berlalu sejak pemulihan kemerdekaan, Azerbaijan telah memantapkan dirinya di dunia sebagai mitra yang dapat diandalkan. Praktek-praktek dunia yang paling maju digunakan secara luas di Azerbaijan saat ini. Azerbaijan juga menerapkan kebijakan modernisasi yang luas dan pembangunan yang cepat.

Reformasi politik dan ekonomi di Azerbaijan saling melengkapi. Tujuannya adalah untuk menciptakan negara yang modern dan kuat .Azerbaijan telah membuat langkah-langkah besar ke arah tersebut.
Pada saat yang sama, Azerbaijan memiliki potensi ekonomi yang kuat. Sebagai hasil dari reformasi sosial-ekonomi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, Azerbaijan menjadi negara yang sepenuhnya mandiri.

Salah satu pencapaian terbesar dari pemulihan kemerdekaan Azerbaijan selama tiga puluh tahun terakhir adalah penyelesaian konflik Armenia-Azerbaijan atas Nagorno-Karabakh. Provokasi berikutnya yang dilakukan oleh tentara Armenia di jalur kontak pada bulan September tahun lalu, serangan terhadap warga sipil dan militer Azerbaijan, telah menunjukkan kesabaran para pemimpin negara dan rakyat Azerbaijan. Dipandu oleh keputusan dan keputusan organisasi internasional, kepemimpinan Azerbaijan memulai tindakan militer untuk memulihkan integritas wilayahnya. Sebagai hasil dari patriotisme, kepahlawanan, perjuangan dan profesionalisme tinggi yang ditunjukkan oleh tentara Azerbaijan, wilayah-wilayah pendudukan dibebaskan dalam waktu 44 hari. Musuh diusir dari tanah tersebut.

Pemulihan wilayah dan pemukiman yang dijarah secara brutal oleh musuh sedang berlangsung dengan cepat. Fondasi kota dan desa baru dengan infrastruktur modern sedang diletakkan. Pekerjaan konstruksi besar yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa pengembalian besar akan segera dimulai.

Salah satu hasil yang paling mencolok dari perkembangan tiga puluh tahun kami adalah bahwa hari ini Azerbaijan dalam arti kata sepenuhnya adalah negara yang benar-benar merdeka. Kebijakan yang ditempuh di Azerbaijan selalu melayani kepentingan rakyatnya.

Pekerjaan konstruksi skala besar sedang berlangsung di Azerbaijan, menarik investasi asing dan domestik ke negara itu. Seiring dengan investasi asing dalam perekonomian Azerbaijan pada 1995-2019, daya tarik peluang domestik membuat negara kita menjadi pemimpin di kawasan itu. Sebagai hasil dari reformasi, stabilitas ekonomi dan makroekonomi dipertahankan di tahun-tahun yang paling sulit dan krisis. Selain itu, kesejahteraan materi masyarakat telah meningkat, program sosial telah dilaksanakan, tunjangan sosial, upah dan pensiun telah meningkat.

Hari ini ekonomi Azerbaijan menyumbang 75 persen dari ekonomi Kaukasus Selatan. Hal ini meningkatkan kemampuan Azerbaijan untuk mempengaruhi proses-proses di wilayah tersebut.

Sebagai negara dengan sumber daya hidrokarbon yang kaya, Azerbaijan memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan energi global dan memastikan keamanan energi Eropa melalui perjalanan proyek-proyek energi penting melalui negara kita. Pada saat yang sama, Azerbaijan adalah negara transit penting yang menghubungkan Utara dan Selatan, Barat dan Timur, terletak di Jalur Sutra yang bersejarah.

Selama dua puluh tahun kemerdekaan, Azerbaijan telah mencapai sukses besar tidak hanya di kawasan, tetapi juga di dunia. Hari ini Azerbaijan adalah negara yang benar-benar merdeka dalam arti kata sepenuhnya. Kebijakan yang dijalankan di negeri kita selama bertahun-tahun selalu melayani kepentingan rakyat Azerbaijan.

Peringatan tiga puluh tahun pemulihan kemerdekaan negara Azerbaijan adalah hari libur terbesar bagi setiap orang Azerbaijan. Kemerdekaan republik kita adalah kekayaan nasional dan spiritual seluruh rakyat Azerbaijan. Fakta bahwa peringatan tiga puluh tahun pemulihan kemerdekaan kita disambut dengan partisipasi kelas dunia, secara langsung menegaskan hal ini.

Vugar Aghayev
Special Representative of AZERTAC in Indonesia

Related posts