Rangkuman Fakta Menarik Pembangunan Stadion Indoor Kompleks Gelora Bung Karno

Jakarta,GPriority.co.id – Dalam beberapa bulan lagi, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) akan mempunyai stadion di dalam ruangan (indoor) yang baru. Stadion ini nantinya akan digunakan sebagai tempat atau venue olahraga baik nasional maupun internasional.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menjalankan proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium sejak Desember 2021 dan diharapkan akan segera selesai pada bulan Maret tahun depan.

Berikut ini, simak 10 fakta yang diutarakan Kementerian PUPR dalam laman Instagramnya:

1. Berlokasi di seberang Hall A Basket Arena. Indoor Multifunction Stadium dibangun di lahan seluas 30.720 m persegi dan mampu menampung 16.088 penonton, jauh lebih banyak dari pada Istora Senayan yang hanya mampu menampung sekitar 7.100 penonton.

2. Bentuk Stadion mengadopsi filosofi keranjang anyaman sebagai representasi semangat gotong royong bangsa Indonesia yang didasari keberagaman, namun bersatu membentuk bangsa yang kuat.

3. Indoor Multifunction Stadium juga dipersiapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia Bola Basker FIBA 2023, yang di mana Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

4. Selain untuk pertandingan basket, Indoor Multifunction Stadium juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan olahraga indoor lainnya seperti bola voli, bulu tangkis, dan ice hockey serta untuk kebutuhan nonolahraga seperti konser dan konvensi.

5. Indoor Multifunction Stadium nantinya akan memiliki tiga tribun dan Skybox sebagai tribun khusus atau ruang privat eksklusif bagi tamu VIP, VVIP, atau tamu Kenegaraan untuk menikmati pertandingan.

6. Tribun Tribun tier 1 Indoor Multifunction Stadium menggunakan sistem teleskopik/retractable sehingga luas lapangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sementara tier 2 dan tier 3 merupakan tribun permanen.

7. Fasilitas Indoor Multifunction Stadium dilengkapi dengan jumbrotron di bagian tengah, press conference room, media workroom, coach room, changing room, shower room, lounge, lift, dan eskalator.

8. Indoor Multifunction Stadium dibangun dengan konsep bangunan hijau, maka dari itu stadion ini rencananya akan diberi nama Indonesia Arena.

9. Indoor Multifunction Stadium memiliki dua lapangan latihan untuk mengakomodasi keperluan atlet saat melakukan pemanasan atau latihan sebelum pertandingan.

10. Secara kontraktual, pembangunan Indoor Multifunction Stadium ditargetkan selesai pada Maret 2023, namun Menteri Basuki mengungkapkan bahwa pembangunan akan rampung lebih cepat yakni Desember 2022. (Hn.KemenPUPR)

Related posts