Samsung Kembangkan AI Baru, Hadir di Galaxy Watch 7?

Jakarta, GPriority.co.id – Samsung dilaporkan tengah mengembangkan kecerdasan buatan (AI) baru guna meningkatkan akurasi fitur kesehatan pada smartwatch mereka, Galaxy Watch.

Hal ini dibuktikan dengan adanya temuan terkait paten baru yang mereka daftarkan di Patent Application Publication milik negara Amerika Serikat.

Dilansir dari GSMArena.com pada Kamis (9/5), dalam paten tersebut ditemukan kalau Samsung sedang mengembangkan fitur AFib Detection dengan bantuan generative AI.

AI yang sedang dikembangkan diharapkan dapat memperkuat sensor photoplethysmograph (PPG) pada Galaxy Watch untuk menerjemahkan sinyal Electrocardiography (ECG), yang menjadi indikator untuk mendeteksi adanya AFib.

AFib, atau Atrial Fibrillation, adalah kondisi yang berpotensi berbahaya di mana jantung berdetak tidak normal dengan cepat.

Meskipun Galaxy Watch telah memiliki fitur Irregular Heart Rhythm Notification (IHRN) sejak generasi ke-6, tampaknya Samsung masih berusaha meningkatkan akurasi deteksinya dengan mengembangkan AI.

Rencananya, fitur ini akan diperkenalkan pada generasi smartwatch Samsung berikutnya. Perkiraan tersebut muncul menjelang acara Galaxy Unpacked yang dijadwalkan pada bulan Juli, di mana Samsung diperkirakan akan merilis Galaxy Watch 7.

Namun, belum jelas apakah fitur AI baru ini akan langsung diterapkan pada Galaxy Watch 7 atau tidak.

Penulis: Ahmad Faqih Zuhair

Foto: Gadgets Times