Sejuta Keindahan Pulo Langala, Wisata Baru Punya Morowali

Jakarta, GPriority.co.id – Pulo Langala atau Pulau Langala, merupakan destinasi wisata di Morowali yang baru saja di launching oleh pemerintah setempat pada tahun 2021. Meski seluruh aktivitas wisata di ‘Pulo Langala’ sempat diberhentikan sementara, namun pada bulan lalu, wisata ini kembali di buka untuk umum.

Pulo Langala menawarkan wahana air seperti banana boat, kuliner menu lokal, dan spot-spot foto. Kedepannya, diungkapkan oleh Sigit Riyadi, Pemerintah Desa Fatufia, di Pulo Langala juga akan disediakan wahana Flying Fox dan Paint Ball. Hal ini dikarenakan, pihak pengelola memperluas sasaran marketnya untuk kalangan anak-anak.

Dibandingkan wisata lainnya di Morowali, Pulo Langala yang dekat dengan kawasan industri ini memiliki ciri khas, seperti sangat mudah untuk diakses. Kurang lebih hanya butuh 5 menit untuk menyeberang dan sampai di wisata Pulo Langala. Selain itu, Pulo Langala juga identik dengan pasir putihnya yang menawan.

Lebih lanjut, diakui oleh Sigit, saat ini pemerintah setempat sedang meningkatkan fasilitas yang tersedia di sekitar wisata Pulo Langala. Seperti menambahkan gazebo-gazebo untuk wisatawan lokal dan membangun camping ground untuk wisatawan mancanegara. Lewat fasilitas camping ground ini, para wisatawan dapat menikmati keindahan Pulo Langala. Salah satunya seperti menyaksikan sunrise dan sunset di pagi dan sore hari, melalui tenda-tenda yang tersedia.

Dengan adanya Wisata Pulo Langala, Pemerintah Desa Fatufia merasa bangga karena daerahnya dianugerahi pulau yang indah dan bisa dinikmati, serta terletak di kawasan industri. Sehingga, dengan adanya wisata ini, turut berdampak pada PAD (Pendapat Asli Desa) dan tingkat perekonomian masyarakat sekitar diluar penghasilan industri.

Sekda Morowali, Drs. Yusman Mahbub, juga mengaku bangga dengan hadirnya destinasi wisata baru di Morowali ini. Dirinya mengatakan, wisata Pulo Langala sangatlah indah dan potensial.

Kedepannya Pemkab Morowali juga akan memberikan dukungan untuk pembangunan-pembangunan fasilitas yang dapat semakin melengkapi tempat wisata Pulo Langala. Salah satunya terkait infrastruktur jalan. Dalam waktu dekat, pemerintah daerah akan berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk membangun jalan yang bisa menghubungkan antardaerah di Morowali.

Foto : Pemdes Fatufia